Membangun Kawasan Peradaban Islam, Al-Ittifaqiah Akan Jadi Destinasi Wisata Halal

0
656

NEWSCOM.ID, INDRALAYA – Asisten Staf Khusus Wakil Presiden Guntur Subagja Mahardika bersilaturahim ditengah-tengah keluarga besar Pondok Pesantren Al-Ittifaqiah Indralaya, Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Selasa (6/9/2022).

Diterima langsung oleh Mudir Ittifaqiah, Drs. K.H. Mudrik Qori, MA., Guntur Subagja mengapresiasi kemajuan Ittifaqiah dalam mendukung program pembangunan nasional.

“Tahun 2020 Wapres mencanangkan Gerakan Ekonomi Kerakyatan Berbasis Pesantren, bagaimana pesantren bisa mengambil peranan dalam perkembangan ekonomi kerakyatan ditengah masyarakat. Hal ini dikarenakan selain keberadaannya ditengah-tengah masyarakat, pesantren juga memiliki sumber daya manusia yang bagus dan infrastruktur serta jaringan luas”, ungkap Guntur saat mengunjungi perumahan MBR Griya Ittifaqiah Asri di desa Sejaro Sakti, Ogan Ilir.

“Oleh karena itu, melalui pesantren dan jaringannya pembangunan ekonomi kerakyatan menjadi jauh lebih mudah”.

Lebih jauh, didampingi oleh CEO Mitra Mikro, Andi Sapran dan staf kesekretariatan wapres, Akbar Fitriansyah, Guntur Subagja Mahardika menjelaskan keunggulan lain yang dimiliki pesantren adalah dipimpin oleh lokal leader, panutan, contoh dan teladan.

“Harapan bapak Wapres KH. Ma’ruf Amin yang tahun 2019 pernah berkunjung ke Ittifaqiah adalah bagaimana pesantren sekarang dan kedepan menjadi motor untuk berpartisipasi aktif dalam pembangunan nasional. Khususnya pembangunan sumber daya manusia dan ekonomi”, tutupnya.

Selain perumahan Griya Ittifaqiah Asri, Guntur Subagja dan tim juga mengunjungi beberapa usaha-usaha ekonomi pondok seperti Q-Grosir, Q-Bakery, Air Simaan, Koperasi dan BMT Ittifaqiah.

KH Mudrik Qori memaparkan mimpi besar membangun kawasan pusat peradaban Islam dunia International Smart City of Al-Ittifaqiah (ISCI).

Di kawasan ini akan dibangun zona kota Mekkah, Madinah, Cordova, Madrid, Baghdad, serta lainnya berupa masjid, kampus, asrama, mal, hotel, perkantoran, dan wisata edukasi terintegrasi.

“Kami mengapresiasi gagasan besar ini. Mari kita dukung bersama-sama mimpi besar ini segera terwujud. ISCI akan bermanfaat bagi umat dan bangsa Indonesia,”tutur Guntur Subagja. Ia juga menyebut ISCI akan menjadi destinasi wisata halal unggulan.

Pesantren Al-Ittifaqiah salah satu pesantren terbesar di Sumatera Selatan. Menyelenggarakan pendidikan islam mulai tingkat dasar: Ibtidaiyah, Tsanawiah, Aliah, hingga perguruan tinggi Institut  Agama Islam Al-Ittifaqiah.

Wakil Presiden RI Prof Dr Kyai Ma’ruf Amin, MA berkunjung ke Pesantren Al-Ittifaqiah Indralaya, Maret 2019.

Pesantren Al-Ittifaqiah selain mendidik 8.000 sumber daya islami unggul dan melahirkan 27.000 alumni, juga mengembangkan usaha di berbagai sektor: properti, toko grosir, minimarket, bakery, air minum dalam kemasan, pertanian & perkebunan, dan lainnya.

“Ini dapat menjadi percontohan pesantren sebagaimana Undang Undang No 18 Tahun 2019 yang menyebutman fungsi pesantren sebagai lembaga pendidikan, dakwah, dan pemberdayaan masyarakat,”jelas Guntur.*

Sumber: iitifaqiah.ac.id

LEAVE A REPLY