Semarak dalam Keberagaman, CSPS SKSG UI Menyelenggarakan Raker 2023

0
356
Sumber: CSPS SKSG UI

NEWSCOM.ID, KOTA BOGOR – Pengurus Center for Strategic Policy Studies (CSPS) – Sekolah Kajian Stratejik dan Global (SKSG) – Universitas Indonesia (UI) telah menyelenggarakan Rapat Kerja (Raker) sejak Sabtu (18/3) hingga Ahad (19/3).

Raker CSPS SKSG UI berlokasi di kawasan INTANI Farm, Jalan Raya Cihideung, Desa Palasari, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat (Jabar). Raker ini dipimpin langsung oleh Ketua CSPS SKSG UI, Guntur Subagja Mahardika, S.Sos., M.Si., dengan didampingi Wakil Ketua CSPS SKSG UI, Dr. Nyoman Astawa, M.Si., M.Phil.

Hadir juga Bendahara CSPS SKSG UI, Muhammad Ibrahim Hamdani, S.I.P., M.Si., serta dua peneliti CSPS SKSG UI lainnya, yakni Nuning Lestin Bintari, S.Farm., Apt., M.Si., dan Khaerul Ardhian Syaekh, S.H., M.Si.

“Raker ini membahas sejumlah rencana kegiatan dan program kerja CSPS SKSG UI hingga 31 Desember 2023 mendatang,” tutur Guntur Subagja pada Sabtu (18/3) sore.

Antara lain, lanjutnya, penulisan buku tentang jejak langkah, pemikiran strategis, kontribusi aktif dan peran penting Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI), Prof. Dr. (H.C.) Drs. KH. Ma’ruf Amin, dalam bidnag ekonomi syariah.

Menurut Guntur Subagja yang juga Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Perkumpulan Insan Tani dan Nelayan Indonesia (INTANI) itu, CSPS SKSG UI juga tetap melanjutkan kerja sama penelitian dengan PT. Pegadaian. “Kami akan terus melanjutkan kerja sama penelitian dengan PT. Pegadaian,” imbuhnya.

Asisten Staf Khusus Wapres RI itu pun mengungkapkan bahwa CSPS SKSG UI telah menjajaki kerja sama penelitian dan pengembangan akademik dengan berbagai pihak, misalnya Rumah Produktif Indonesia (RPI), INTANI, PT. Pegadaian, dan WIR Group.

“Era transformasi digital saat ini menuntut kita untuk lebih memahami Teknologi Informasi (TI) dan Artificial Intelligence (AI),” ujar Guntur Subagja.

Itu sebabnya, lanjut Guntur Subagja, CSPS SKSG UI telah melihat langsung fasilitas metaverse dan produk digital masa depan WIR Group pada Kamis (23/2) lalu.

“Antara lain produk Mindstore, Dav, Nusameta, Avatar, serta aneka produk digital dan Internet of Things (IoT) dari WIR Group,” ucapnya.

Lebih lanjut, Wakil Ketua CSPS SKSG UI, Kolonel Caj (Har) Dr. Nyoman Astawa, menyatakan bahwa Raker CSPS Tahun 2023 menetapkan moto CSPS SKSG UI, yakni Semarak Dalam Keberagaman, Harmoni Indonesiaku.

“Sesuai dengan moto, CSPS SKSG UI akan menyelenggarakan podcast (dialog atau bincang-bincang) dengan para narasumber yang beraneka ragam latar belakang,” papar Dr. Nyoman Astawa pada Sabtu (18/3).

Apalagi tahun 2023, lanjutnya, sudah memasuki tahun politi. Jadi CSPS SKSG UI akan undang tokoh-tokoh nasional dalam Podcast ini.

“Khususnya komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), tokoh-tokoh partai politik, serta para anggota parlemen dari Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI,” jelasnya.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani

LEAVE A REPLY