Gelar Konferensi Internasional, MUI Menghadirkan Pakar, Tokoh dan Akademisi

0
448
Halal bi Halal MUI Pusat, Kamis, 18 Mei 2023. Sumber: MUI

NEWSCOM.ID, JAKARTA – Konferensi Internasional Agama, Perdamaian dan Peradaban yang diselenggarakan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) akan mengundang sejumlah pemimpin, tokoh, pakar dan akademisi nasional dan internasional dalam bidang agama, kemanusiaan, konsensus dan konflik serta peradaban umat manusia.

Berdasarkan informasi resmi dari panitia yang diterima redaksi pada Sabtu (20/5) malam, dalam bentuk Undangan Peliputan Pembukaan dan Penutupan Konferensi Internasional Agama, Perdamaian dan Peradaban, sejumlah tokoh agama dan tokoh nasional akan menjadi pembicara utama (keynote speaker) sekaligus memberikan kata sambutan.

Para pembicara utama itu ialah Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Prof. Dr. H. Haedar Nashir, M.Si., Ketua umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Dr. (H.C.) Yahya Cholil Staquf, dan Ketua Umum Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI), Mayor Jenderal TNI (Purn.) Wisnu Bawa Tenaya, S.I.P.

Ketiga pembicara utama ini akan membahas tema seputar Agama, dari Model-Model Transformasi dan Kerukunan Teologi hingga Moderasi Beragama sebagai Solusi.

Adapun moderator dalam pleno sesi I ini ialah Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Dewan Pimpinan MUI Pusat, Habib KH. Dr. Ali Hasan Bahar, L.c, M.A. Sedangkan reportermya ialah Wakil Ketua Komisi Hubungan Luar Negeri dan Kerja Sama Internasional (HLNKI) MUI, Hj. Amirah Nahrawi, Lc., M.Esy.

Dalam pleno sesi I ini, turut hadir sejumlah pembicara, antara lain Imam Besar Masjid Istiqlal, Prof. Dr. KH. Nasaruddin Umar, M.A., Direktur Pusat Kristen Timur Tengah di Seminari Prebisterian, Kairo, Dr. Wageeh Mikhail, dan Presiden Civilization Exchange and Cooperation Foundation (CECF) di Amerika Serikat (AS), Imam Mohamad Bashar Arafat.

Pleno Sesi I ini akan berlangsung pada Ahad (21/5) malam di Hotel Sultan, Jakarta. Dalam sesi ini, Imam Mohammad Bashar Arafat akan hadir secara daring.

Lalu pada Senin (22/5) pagi, konferensi initernasional ini akan dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI), Yang Mulia (YM) Prof. Dr. (H.C.) Drs. KH. Ma’ruf Amin, yang juga Ketua Dewan Pertimbangan (Wantim) MUI Pusat.

Wapres KH. Ma’ruf Amin juga akan memberikan Sambutan Pembukaan (opening speech) dalam acara ini, bersama-sama dengan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Liga Muslim Dunia (Rabithah al-A’lam al-Islami), YM. Syeikh Dr. Muhammad bin Abdul Karim Al-Issa, pada Senin (22/5) pagi.

Adapun Sambutan Selamat Datang (welcoming speech) akan disampaikan oleh Wakil Ketua Umum (Waketum) Dewan Pimpinan MUI Pusat, KH. Dr. Marsudi Syuhud, M.B.A. Sedangkan Laporan Ketua Komite Penyelenggara akan disampaikan oleh Duta Besar (Dubes) Dra. Hj. Safira Rosa Machrusah, M.A.A.S., yang juga pengurus Komisi HLNKI MUI.

Kemudian, prosesi pembukaan konferensi internasional akan ditandai dengan pemukulan gong secara bersama-sama oleh Wapres RI, YM. Prof. KH. Ma’ruf Amin, Sekjen Liga Muslim Dunia, YM. Syeikh Dr. Muhammad bin Abdul Karim Al-Issa, dan Waketum Dewan Pimpinan MUI Pusat, KH. Dr. Marsudi Syuhud, M.M.

Dua pengurus MUI lainnya yang akan ikut memukul gong ialah Sekjen Dewan Pimpinan MUI Pusat, Buya Dr. H. Amirsyah Tambunan, M.A., dan Ketua Komite Penyelenggara Konferensi Internasional Agama, Perdamaian dan Peradaban, Dubes Hj. Safira Rosa Machrusah, M.A.A.S.

Selanjutnya, pembacaan doa dalam prosesi pembukaan konferensi internasional ini akan dipandu oleh Ketua Dewan Pimpinan MUI Pusat, KH. Abdullah Jaidi. Sedangkan pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an akan dipimpin oleh Dr. Syofyan Hadi, S.S., S.Ag., M.A.Hum.

Adapun pembawa acara (master of ceremony) dalam sesi pembukaan ini ialah David Chalik, S.T., M.M., M.Ag., dan Wulansari AS., S.Si.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani

LEAVE A REPLY