Prodi PAI-FKIP-UBP Karawang dan PAI-FIT-IAIFA Kediri Menandatangani IA “Tri Dharma”

0
532

NEWSCOM.ID, JAKARTA – Program Studi (Prodi) Pendidikan Agama Islam (PAI) Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang telah menyelenggarakan Kuliah Dosen Tamu pada Senin (29/5), bertempat di Auditorium UBP Karawang.

Kuliah Dosen Tamu ini merupakan implementasi dari Mata Kuliah Bahasa Arab Dasar yang diampu oleh dosen PAI, Bapak Ainur Alam Budi Utomo, S.Pd.I., M.Si., M.Pd. Kuliah Dosen Tamu ini diikuti oleh 30 orang mahasiswa PAI angkatan 2022.

“Kulian Dosen Tamu PAI ini merupakan tindak lanjut dari Penandatanganan Memorandum of Agreeent (MoA) antara Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), UBP Karawang dengan Fakultas Ilmu Tarbiyah (FIT), Institut Agama Islam Faqih Asy’ari (IAIFA) Kediri dalam bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi,” jelas Ainur Alam Budi Utomo, M.Pd.

Kuliah Dosen Tamu ini, lanjutnya, mendatangkan narasumber langsung dari IAIFA Kediri, yakni Wakil Rektor (Warek) Bidang Akademik IAIFA Kediri, K.H Dr. Asyhari, M.A. Beliau mengangkat tema kuliah “Urgensi Bahasa Arab Sebagai Penguatan Pendidikan Agama Islam”.

“Harapannya, tema kuliah ini dapat memotivasi mahasiswa Prodi PAI, UBP Karawang, tentang pentingnya menguasai Bahasa Arab sebagai alat untuk memahami berbagai disiplilin keilmuan dalam agama Islam. Apalagi literatur agama Islam kebanyakan berbahasa Arab,” jelasnya.

Dalam kuliah dosen tamu ini, hadir juga unsur pimpinan UBP Karawang, yakni Dekan FKIP, UBP Karawang, Bapak Dr. H. Tarpan Suparman, M.Pd. Beliau menyaksikan langsung penandatanganan IA (Implementing Agreement) antara Prodi PAI UBP Karawang dengan Prodi PAI IAIFA Kediri.

Dalam sambutannya, Dekan FKIP UBP Karawang, Dr. H. Tarpan Suparman, M.Pd., menyambut positif kegiatan ini. Ia berharap agar para mahasiswa PAI UBP Karawang dapat memanfaatkan kesempatan kuliah dosen tamu ini dengan sebaik mungkin.

Dalam kesempatan lainnya, Wakil Rektor (Warek) Bidang Akademik dari IAIFA Kediri, KH. Dr. Asyhari, M.A., menyatakan bahwa ke depan, IAIFA akan menyelenggarakan kegiatan yang menghadirkan sejumlah narasumber dari dosen Prodi PAI, UBP Karawang, sebagai realisasi dari kerja sama yang berkelanjutan antara kedua pihak.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani

LEAVE A REPLY