Dua Peneliti CSPS-SKSG-UI Presentasi Keamanan Siber di ICSGS Ke-7

0
389
Sumber: SKSG UI

NEWSCOM.ID, JAKARTA – Dua peneliti Center for Strategic Policy Studies (CSPS) – Sekolah Kajian Stratejik dan Global (SKSG) Universitas Indonesia (UI) telah mengikuti dan menulis karya ilmiah dalam bentuk poster di ajang The 7-th International Conference on Strategic and Global Studies atau ICSGS 2023.

Kedua peneliti CSPS SKSG UI itu ialah Ir. Ajeng Pramastuty, S.T., M.Si., dan Marlon Samuel C. Kansil, S.P.I., M.Si. Sedangkan judul karya ilmiah dalam Konferensi Internasional Ke-7 Tentang Kajian Stratejik dan Global ini ialah The Role of Public Awareness in Cybersecurity Policy.

ICSGS Ke-7 ini diselenggarakan oleh SKSG UI bekerja sama dengan Deakin University dan Alfred Deakin Institute for Citizenship and Globalization serta didukung oleh Perhimpunan Pelajar Indonesia Australia (PPIA) Deakin University.

Rencananya, ICSGS Ke-7 ini akan digelar secara hibrida pada Senin hingga Selasa, 24-25 Juli 2023, yakni secara luring di Deakin University, Downtown Campus, Melbourne, Victoria, Australia, serta secara daring melalui aplikasi Zoom Cloud Meeting.

Adapun tema yang diangkat dalam ICSGS Ke-7 ialah: Democracy, Development and Digital Culture: Building Resilience After The Pandemic atau Demokrasi, Pembanunan dan Budaya Digital: Membangun Ketahanan Sesudah Pandemi.

Seperti dikutip dari Book of Conference (Buku Konferensi) ICSGS Ke-7, hlm. 36, pada bagian Abstrak untuk karya ilmiah berjudul “The Role of Public Awareness in Cybersecurity Policy, tertulis bahwa peran kesadaran publik dalam kebijakan keamanan siber semain meningkat sifat kritisnya. Hal ini seiring dengan ancaman dunia maya yang terus berkembang dan menjadi lebih rumit dari sebelumnya.

Makalah ini menganalisis manfaat kampanye kesadaran publik (masyarakat) dalam mendukung tujuan keamanan siber, strategi untuk meningkatkan kesadaran publik, serta peran pemerintah dan sektor swasta dalam meningkatkan kesadaran publik.

Makalah ini juga membahas tentang sejumlah tantangan dan keterbatasan dari kampanye kesadaran publik, dan menekankan pentingnya investasi berkelanjutan dalam kampanye kesadaran publik, serta kolaborasi diantara para pemangku kepentingan yang berbeda untuk memastikan implementasi dan penyusunan kebijakan keamanan siber yang efektif.

Dengan mempromosikan kesadaran masyarakat terhadap praktik-praktik terbaik keamanan siber, maka setiap orang (individu) dan organisasi dapat memahami dengan lebih baik resiko-resiko yang mereka hadapi dan mengambil langkah-langkah untuk melindungi diri mereka sendiri. Pada akhirnya, hal-hal itu dapat berkontribusi terhadap lingkugan digital yang lebih aman dan lebih terjamin.

Rencananya, makalah yang ditulis dua peneliti CSPS SKSG UI ini akan dipesentasikan pada Selasa, 25 Juli 2023, secara daring, melalui Aplikasi Zoom Cloud Meeting.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani, S.I.P., M.Si.

Peneliti dan Bendahara CSPS SKSG UI

LEAVE A REPLY