CSGS-SKSG-UI Terima Buku “Bank Muamalat Reborn” dari CSPS-CSGS-SKSG-UI

0
338
Sumber: CSPS CSGS SKSG UI

NEWSCOM.ID, JAKARTA – Center for Strategic Policy Studies (CSPS) Center for Strategic and Global (CSGS) Sekolah Kajian Stratejik dan Global (SKSG) Universitas Indonesia (UI) telah memberikan buku berjudul Bank Muamalat Reborn kepada Kepala Unit Kerja Khusus (UKK) CSGS SKSG UI, Dr. Shobichatul Aminah, M.Si., pada Jumat (21/7) siang.

Buku itu diberikan langsung oleh Wakil Ketua CSPS CSGS SKSG UI, Dr. Nyoman Astawa, M.Si., M.Phil., dengan didampingi oleh Sekretaris, Bendahara dan Peneliti CSPS CSGS SKSG UI, secara berurutan, yakni Yanuardi Syukur, S.Sos., M.Si., Muhammad Ibrahim Hamdani, S.I.P., M.Si., dan Marlon Semuel Constantin Kansil, S.Pi., M.Si.

Tepatnya dalam acara Rapat UKK CSGS SKSG UI pada Jumat (21/7) yang berlangsung di Gedung Institute for Advancement of Science Technology and Humanity (IASTH), Lantai 4, Ruang 403-404, Kampus UI, Salemba, Jakarta.

Rapat ini juga dihadiri oleh Ketua CSPS CSGS SKSG UI, Gunur Subagja Mahardika, S.Sos., M.Si., yang juga Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Perkumpulan Insan Tani dan Nelayan Indonesia (INTANI).

Dalam pertemuan ini, turut hadir secara luring perwakilan dari UKK Center for Strategic Entrepreneurial Leadership (CSEL) CSGS SKSG UI, UKK Pusat Riset Ketahanan Nasional (PKN) CSGS SKSG UI, UKK Pusat Kajian Jaminan Sosial (PKJS) CSGS SKSG UI, dan UKK Pusat Kajian Pembangunan Berkelanjutan (PKPB) CSGS SKSG UI.

Misalnya, hadir Ketua CSEL CSGS SKSG UI, Roy Darmawan, SE, M.Psi, Ketua PKPB CSGS SKSG UI, Dr. Ir. Setia Damayanti, M.Si., Ketua PKJS CSGS SKSG UI, Ir. Aryana Satrya, M.M., Ph.D., dan Ketua PRKN CSGS SKSG UI, Dr. Drs. Arthur Josias Simon Runturambi, M.Si., dalam rapat ini.

Buku Bank Muamalat Reborn ditulis oleh dua orang penulis, yakni A. Iskandar Zulkarnain, S.E., M.M., dan Ir. Anif Punto Utomo, M.T.I., serta difasilitasi proses penerbitannya oleh CSPS CSGS SKSG UI dan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH).

Bahkan buku ini telah diserahkan secara langsung oleh Direktur SKSG UI, Athor Soebroto, S.E., M.M., M.Sc., Ph.D., kepada Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI), Prof. Dr. (H.C.) Drs. KH. Ma’ruf Amin, pada Rabu (14/9/22) di Kediaman Resmi Wapres RI, Jalan Diponegoro Nomor 2, Jakarta.

Saat itu, turut hadir dan mendampingi Direktur SKSG UI ialah Ketua CSPS CSGS SKSG UI, Guntur Subagja Mahardika, M.Si., di Kediaman Wapres RI.

Selain itu, Buku Bank Muamalat Reborn juga memuat wawancara khusus dengan Wapres RI, Prof. KH. Ma’ruf Amin, dan kata pengantar dari Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo.

Secara khusus, buku ini memuat tentang sejarah pendirian Bank Muamalat. Tepatnya mulai dari masa pembentukan, proses pendirian hingga langkah-langkah mempertahankan keberadaan ikon bank syariah pertama di Indonesia itu dari kebangkrutan. Khususnya melalui penyertaan modal dari BPKH.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani, S.I.P., M.Si.

Peneliti dan Bendahara CSPS CSGS SKSG UI

LEAVE A REPLY