Video: “Milad Ke-48 MUI: Kiai Sahal Mahfudh Memperkuat Independensi”

0
414

NEWSCOM.ID, JAKARTA – Video pada akun Youtube Official TV MUI (Majelis Ulama Indonesia) di laman https://youtu.be/6yRgXMFbuko merupakan cuplikan profil dari Ketua Umum Dewan Pimpinan MUI Pusat yang kelima, Dr. (H.C.) KH. Mohammad Achmad Sahal Mahfudh, dengan durasi tiga menit sembilan detik.

Dr. (H.C.) KH. Mohammad Achmad Sahal Mahfudh mengemban amanat sebagai Ketua Umum Dewan Pimpinan MUI Pusat selama 14 tahun Masa Khidmat 2000-2014. Sebelumnya, beliau juga mengemban amanat sebagai Rais A’am Syuriah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Masa Khidmat 1999-2014.

Ulama yang lahir di Kajen, Pati, Jawa Tengah, pada 17 Desember 1937 ini merupakan pemimpin dan pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Maslakul Huda di Kajen, Pati, sejak 1963. KH. Mohammad Achmad Sahal Mahfudh juga seorang figur organisatoris yang tangguh. Beliau meniti karir pengabdian di MUI dari bawah.

Misalnya, ulama yang hafal al-Qur’an 30 juz itu pernah mengemban amanat sebagai Ketua Dewan Pimpinan MUI Kabupaten Pati pada tahun 1980-an. Lalu Mbah Kiai Sahal, sapaan akrabnya, dipercaya mengemban amanat selaku Ketua Dewan Pimpinan MUI Provini Jawa Tengah masa khidmat 1990-2000.

Selain itu, KH. Mochammad Achmad Sahal Mahfudh juga dikenal luas sebagai sosok pemimpin MUI yang independen dan piawai dalam berorganisasi. Hal ini terbukti dalam penataan sistem Dewan Pengawas Syariah (DPS) dan Lembaga Keuangan Syariah (LKS).

Buktinya, dalam menyikapi polemik kandungan unsur haram dalam Ajinamoto, MUI berhasil menunjukkan sikapnya yang tegas dan independen dalam produk fatwa.

Mbah Kiai Sahal pun sangat tidak berkenan jika acara internal MUI dibuka oleh pejabat pemeirntah. Menurutnya, sikap ini penting untuk menunjukkan independensi MUI dari pejabat pemeirntah.

KH. Mohammad Achmad Sahal Mahfudh wafat pada 24 Januari 2014 di kediamannya, kompleks pesantren Mathali’ul Falah, Kajen, Pati, Jawa Tengah.

Sumber: Akun Youtube Official TV MUI / https://youtu.be/6yRgXMFbuko / Panitia Milad MUI Ke 48 Tahun / Nashih Nashrullah

Editor: Muhammad Ibrahim Hamdani, S.I.P., M.Si.

Wakil Sekretaris Pusat Dakwah dan Perbaikan Akhlak Bangsa (PD PAB) MUI

Peneliti Center for Strategic Policy Studies (CSPS) Sekolah Kajian Stratejik dan Global (SKSG) Universitas Indonesia (UI).

LEAVE A REPLY