Sejumlah Ormas Keagamaan Akan Selenggarakan IRI – Indonesia

0
841
Sumber: https://faithsforforests.com/

NEWSCOM.ID, JAKARTA – Sejumlah organisasi masyarakat (ormas) berbasis keagamaan di Indonesia akan memprakarsai Interfaith Rainforest Initiative – Indonesia (IRI – Indonesia) atau Prakarsa Lintas Agama Untuk Hutan Tropis – Indonesia pada Kamis (30/1) hingga Jumat (31/1) di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta Selatan.

Selain ormas berbasis keagamaan, kegiatan ini juga diselenggarakan oleh organisasi peduli lingkungan hidup, baik yang berbasis di Indonesia maupun di luar negeri. Termasuk organisasi yang berbasiskan budaya di Indonesia.

Sejumlah ormas berbasis keagamaan yang menyelenggarakan IRI – Indonesia itu, antara lain Inter Religious Council Indonesia (IRCI), Majelis Ulama Indonesia (MUI), Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah, Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI), Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), dan Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI).

Ormas-ormas pemrakarsa lainnya ialah Persatuan Umat Buddha Indonesia (Permabudhi), Majelis Tinggi Agama Konghucu Indonesia (MATAKIN), Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN), Indonesia Bergerak Menyelamatkan Bumi, Religions for Peace, dan United Nations Environment Programme (UNEP), serta Rainforest Foundation Norway.

Satu organisasi pemrakarsa lainnya ialah Green Faith Interfaith Partners in Actions for The Earth. Kegiatan ini terdiri dari Lokakarya, Dialog, dan Peluncuran IRI – Indonesia 2020.

Rencananya, kegiatan ini akan dibuka oleh Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI), Prof. Dr. (H.C.) Drs. KH. Makruf Amin. Lalu akan diselenggarakan lokakarya dengan tiga tema utama, yakni Keanekaragaman Hayati dan Perubahan Iklim, Tantangan Perlindungan Hutan di Indonesia, serta Masyarakat Adat dan Komunitas Hutan.

Lalu, IRI – Indonesia 2020 ini juga akan menyampaikan pandangan umum dengan dua tema utama, yakni Agama dan Komitmen Terhadap Perlindungan Hutan, serta Upaya Perlindungan Hutan Indonesia.

Sejumlah Kelompok Kerja akan dibentuk dan sesi-sesi Sidang Pleno juga akan diselenggarakan terkait Upaya dan Prakarsa Pemimpin Lintas Agama dalam Perlindungan Hutan Indonesia.

Selain itu, IRI – Indonesia 2020 ini juga meliputi Deklarasi dan Peluncuran Prakarsa Lintas Agama Untuk Hutan Tropis – Indonesia bersama Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI, Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc., perwakilan UNEP dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), pemuka agama dunia dan para peserta.

Acara lainnya ialah Rapat Perdana Dewan Penasehat Sementara IRI – Indonesia. Acara ini akan diikuti oleh 200 pemuka lintas agama di Indonesia dan dunia, masyarakat adat, pemerintah RIPBB, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), akademisi, dan praktisi.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani

LEAVE A REPLY