PJJ Membuka Akses Pendidikan Seluas-Luasnya

0
185
Sumber: Sekretariat Iluni Sekolah Program Pascasarjana (SPs.) UI

NEWSCOM.ID, JAKARTA – Program Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) bertujuan untuk memberikan akses pendidikan yang seluas-luasnya bagi seluruh masyarakat Indonesia tanpa terhalang tempat dan waktu.

Direktur Sekolah Kajian Stratejik dan Global (SKSG) Universitas Indonesia (UI), Athor Soebroto, S.E., M.M., M.Sc., Ph.D., menyatakan hal itu pada Sabtu (8/2), pagi, saat memberikan sambutan dalam acara Workshop Pendidikan Jarak Jauh di Hotel Novotel, Cikini, Jakarta Pusat.

“Dengan terbukanya akses pendidikan yang luas, maka misi kita yang utama, yakni UI menjadi guru bangsa, akan mendapatkan jalannya,” tutur Dr. Athor Soebroto yang juga Kepala Centre for Strategic and Global Studies (CSGS) UI itu.

Program PJJ ini, lanjutnya, berorientasi ke masa depan sehingga harus kita dukung. “Kita senang sekali memiliki partner kerja Iluni SPs. UI, apalagi kerja sama dengan PT. Nusantara Compnet Integrator,” paparnya.

Berdslasarkan pantauan NEWSCOM.ID, Dr. Athor Soebroto pun yakin bahwa SKSG UI, Sekolah Ilmu Lingkungan (SIL) UI, dan Iluni SPs. UI memiliki komitmen bersama untuk membuka akses pendidikan yang seluas-luasnya bagi seluruh bangsa Indonesia.

Menurutnya, banyak sekali orang Indonesia yang bermimpi dapat belajar dan kuliah di universitas yang modern dan ternama seperti UI. “Jadi program PJJ di UI tidak dapat dielakkan lagi dari perkembangan zaman saat ini,” jelasnya.

“Program PJJ ini momentum bersejarah, masa depan siatem pembelajaran kita. Apalagi saat ini sudah ada sistem satelit Palapa Ring di Indonesia. Kebutuhan terhadap PJJ ini sangat besar dan akan membuka akses pendidikan selebar-lebarnya serta mempercepat dialog ilmiah,” jelasnya.

Dalam kegiatan ini, Iluni PPs. UI bekerja sama dengan Sekolah Ilmu Lingkungan (SIL) UI dan Sekolah Kajian Stratejik dan Global (SKSG) UI. Acara ini juga didukung oleh PT. Nusantara Compnet Integrator.

Dalam kegiatan ini, Iluni PPs. UI bekerja sama dengan Sekolah Ilmu Lingkungan (SIL) UI dan Sekolah Kajian Stratejik dan Global (SKSG) UI. Acara ini juga didukung oleh PT. Nusantara Compnet Integrator.

Turut hadir dan memberikan kata sambutan Ketua Iluni SPs. UI, Dr. Drs. Audrey Gamaliel Dotulong Tangkudung, M.Si. Kegiatan Workshop PJJ ini pun didukung oleh Ditektur SIL UI, Dr. Emil Budiyanto, meskipun beliau berhalangan hadir.

Lalu ada paparan materi dari Kepala Pusat Riset Ilmu Kepolisian (PRIK) UI, Inspektur Jenderal (Irjen) Polisi (Pol). Purnawirawan (Purn.) Dr. Benny Josua Mamoto, S.H., M.Si.

Acara ini juga diisi dengan paparan materi dari perwakilan PT. Nusantara Compnet Integrator, Bapak Irawan.

Kegiatan ini dihadiri oleh sekitar 50 dosen SKSG dan SIL UI. Adapun pembacaan doa dipimpin oleh dosen di Program Studi (Prodi) Kajian Terorisme SKSG UI, Dr. Mulawarman Hannase, M.A.Hum.

Dalam acara ini, turut diperkenalkan Sembilan Budaya UI, yakni Kejujuran, Keadilan, Keterpercayaan, Kemartabatan, Tanggung Jawab, Kebersamaan, Keterbukaan, dan Kebebasan Akademik. Hal ini diperkenalkan oleh Koordinator Sekretariat SKSG UI, Caturningtyas Pangastuti, M.Si.

Adapun lagu kebangsaan Indonesia Raya dipandu oleh pengurus Iluni PPs. UI, Annissa, M.Si., lalu lagu Hymne Ui dipandu oleh Koordinator Pendidikan, Penelitian, dan Kemahasiswaan SKSG UI.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani

LEAVE A REPLY