‘Trailing The Taste of Gorontalo’ Raih Gourmant World Awards

0
137
Sumber: dok Gourmand World CookBook Awards

NEWSCOM.ID, KOTA GORONTALO РBuku berjudul Trailing the Taste of Gorontalo yang diterbitkan oleh Omar Niode Foundation pada 2015 berhasil meraih Gourmand World Cook Book Awards Best of the Best 1995-2020 pada Senin (9/3).

Seperti dikutip dari Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara, buku ini merupakan kumpulan tulisan serta rangkaian potret wisata kuliner dan budaya di Provinsi Gorontalo.

Sebanyak 24 tulisan terdapat dalam buku ini, termasuk 57 buah foto, sembilan resep masakan dan 10 testimoni dari tokoh pariwisata dan kuliner tingkat nasional dan internasional. Buku ini juga menjadi rujukan bagi semua orang yang tergerak untuk berpetualang rasa di Gorontalo.

Ketua Omar Niode Foundation, Amanda Katili, Ph.D., menyatakan bahwa yayasan penerbit yang dipimpinnya sangat menghargai keputusan Gourmand International.

“Buku-buku Indonesia berhasil terpilih dalam Gourmand World Cookbook Awards karena aneka kuliner yang kaya bumbu dan rempah,” tutur Amanda Katili.

Penghargaan ini, lanjutnya, merupakan peluang untuk mengangkat citra budaya kuliner nusantara ke tingkat dunia. Terlebih lagi karena tahun ini (2020) Indonesia akan menyelenggarakan Karavan Budaya yang dikemas dalam bentuk ekspedisi Jalur Rempah.

“Termasuk arung samudera ke beberapa negara yang telah direncanakan. Upaya oni merupakan salah satu usaha untuk mendaftarkan Jalur Rempah sebagai Warisan Budaya Dunia ke The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO),” ungkap Ambassador World Food Travel Association untuk Wallacea Region itu.

Sejak tahun tahun 1995, lanjutnya, setiap tahun Gourmand International menganugerahkan The Gourmand World Cookbook Awards untuk buku, makanan dan minuman terbaik dari seluruh dunia dalam berbagai kategori.

Menurutnya, untuk buku-buku terbaik dalam 25 tahun terakhir, khusus makanan, kategori yang dinilai adalah penulis, penerbit, negara-region, gaya hidup, subyek, dan penggalangan dana-amal. “Masing-masing kategori pun terbagi dalam beragam sub-kategori yang berjumlah total 105 sub-kategori,” imbuh Amanda.

Gourmand Award, ucapnya, mempertimbangkan konten makanan dan minuman dalam berbagai jenis publikasi, baik bentuk cetak atau digital, berbayar atau gratis, dicetak untuk umum atau kalangan pribadi, penerbit komersial atau diterbitkan sendiri, serta buku besar maupun kecil.

“Khusus untuk budaya makanan, ada 785 buku atau publikasi dari 106 negara yang terpilih dalam Gourmand World Cookbook Awards Best of The Best 1995-2020. Perancis menjadi negara dengan buku terbanyak yang terpilih, yakni 11 persen dari seluruh publikasi terbaik dalam 25 tahun terakhir,” jelasnya.

Buku-buku dari Indonesia yang pernah mendapatkan Gourmand World Cookbook Awards dan kemudian terpilih dalam Best of the Best 1995-2020, ungkapnya, adalah 100 Makanan Tradisional Indonesia karya Bondan Winarno, Wonderful Indonesia oleh Sumantri Endang, dan Rendang: Minang, Legacy to the World.

“Buku-buku peraih Gourmand World Cookbook Awards juga memperoleh kesempatan untuk dipamerkan pada Paris Cookbook Fair, yang akan berlangsung pada 3 -7 Juni 2020,” tuturnya.

Pameran Buku Masak di Paris itu akan menampilkan buku-buku kuliner dari 170 negara. Pameran ini juga menjadi ajang pertemuan bagi para penerbit, penulis, agen, fotografer, produser TV, desainer grafis, kantor pariwisata dan media khusus dari berbagai negara di dunia untuk berjejaring dan menjalin kemitraan.

Sumber: LKBN Antara

Editor: Hamdani

LEAVE A REPLY