Waspada Corona, Laga Persija Versus Bhayangkara FC Tanpa Penonton

0
175
Sumber: LKBN Antara

NEWSCOM.ID, JAKARTA – Para penonton atau pendukung tim kesebelasan (suporter) menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam pertandingan sepak bola. Sangat aneh rasanya jika ada pertandingan sepak bola tanpa dukungan dan sorak sorai penonton atau pendukung tim kesebelasan yang sedang berlaga.

Namun hal inilah yang akan terjadi di Jakarta, dalam pertandingan sepak bola tanpa penonton antara Persatuan Sepak Bola Indonesia Jakarta (Persija Jakarta) melawan Bhayangkara Football Club (FC) pada Sabtu (14/3) nanti di Stadion Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK).

Seperti dilansir dari Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara, Panitia Pelaksana (Panpel) Pertandingan Bhayangkara FC mengkonfirmasi hal itu. Khususnya dalam laga antara The Guardian, julukan bagi Bhayangkara FC, melawan Persija Jakarta. Tepatnya dalam pertandingan pekan ketiga Liga 1 Indonesia pada Sabtu (14/3).

Ketua Panpel Bhayangkara FC, Bambang Suhendro, menyatakan bahwa alasan laga sepak bola yang digelar tanpa penonton dan dimulai pukul 18.30 WIB ini telah sesuai dengan rekomendasi dari Kepolisian Resort (Polres) Jakarta Selatan.

“Polres Jakarta Selatan merekomendasikan (bahwa) laga bisa digelar di Stadion PTIK, namun tanpa penonton. Terkait keputusan itu, kami sudah berkoordinasi dengan PT. Liga Indonesia Baru (LIB) dan tim lawan (Persija Jakarta),” tutur Bambang seperti dilansir laman resmi Bhayangkara FC pada Selasa (11/3).

Saat ini, lanjutnya, perizinan untuk menggelar kegiatan yang melibatkan massa dalam jumlah besar di wilayah Provinsi Daerah Khusus Ibu kota (DKI) Jakarta sedang sulit.

Kondisi ini berdasarkan pada Instruksi Gubernur DKI Jakarta Nomor 16 Tahun 2020 Tentang Peningkatan Kewaspadaan terhadap Resiko Penularan Infeksi Corona Virus (COVID-19) di wilayah DKI Jakarta menjadi dasarnya.

Sebelumnya Direktur Utama PT. LIB, Mayor Jenderal (Mayjen) Tentara Nasional Indonesia (TNI) (Purn). Cucu Somantri, S. Sos., menyatakan bahwa laga derby Jakarta itu akan berlangsung dengan dihadiri penonton.

Namun karena harus merujuk pada surat Instruksi Gubernur dan rekomendasi kepolisian (Polres Metro Jakarta Selatan), maka panpel pun akhirnya mengikuti arahan tersebut.

Sementara itu, dalam dua pertemuan terakhir Bhayangkara FC melawan Persija Jakarta, berakhir dengan keunggulan The Guardian. Bermain imbang dengan skor 1-1 di laga pertama sebagai tim tamu, Bhayangkara FC berhasil menang 3-0 di pertemuan kedua saat berstatus tuan rumah.

Sumber: LKBN Antara

Editor: Hamdani

LEAVE A REPLY