Innalillahi, Ibunda Presiden Joko Widodo, Hj. Sudjiatmi Notomihardjo Wafat

0
114
Sumber: LKBN Antara

NEWSCOM.ID, SURAKARTA – Innalillahi wa inna ilaihi rooji’un, telah berpulang ke rahmatullah Ibu Hj. Sudjiatmi Notomihardjo, ibunda dari Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo, di Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah (Jateng), pada Rabu (25/3) sore, Pukul 16:45 Waktu Indonesia Barat (WIB).

Dalam rilisnya kepada NEWSCOM.ID, Rabu (25/3) sore, Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden RI menjelaskan bahwa setelah mendengar kabar duka, Presiden Joko Widodo langsung terbang ke Bandar Udara (Bandara) Adi Soemarmo di Kabupaten Boyolali, Provinsi Jateng. Presiden tiba Pukul 17:52 WIB di Bandara Adi Soemarmo.

Seperti dikutip dari Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara, Almarhumah Hj. Sujiatmi Notomiharjo, yang akrab disapa Eyang Noto, wafat di Rumah Sakit Tentara (RST) Slamet Riyadi, Kota Surakarta, Provinsi Jateng.

Mobil jenazah lalu membawa almarhumah Eyang Noto dari RST Slamet Riyadi menuju rumah duka di Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta, sekitar Pukul 18:30 WIB.

Sejumlah pejabat juga tampak hadir di RST Slamet Riyadi, Kota Surakarta, pasca wafatnya ibunda Presiden Joko Widodo. Antara lain Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) IV / Diponegoro, Mayor Jenderal Tentara Nasional Indonesia (TNI) Mochamad Effendi, S.E., M.M., dan Wali Kota Surakarta, Fransiskus Xaverius Hadi Rudyatmo

Hadir pula Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jateng, Inspektur Jenderal (Irjen.) Polisi (Pol.) Dr. H. Rycko Amelza Dahniel, M.Si. Terlihat juga sejumlah mobil milik keluarga Presiden Joko Widodo sudah berada di RST Slamet Riyadi.

Dalam keterangan pers-nya dari rumah duka di Kota Surakarta, Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa ibundanya, Hj. Sudjiatmi Notomihardjo, wafat pada usia 77 tahun akibat sakit kanker yang telah diderta selama empat tahun terakhir.

“Kita tahu ibu sudah empat tahun ini sakit, menderita kanker,” kata Presiden Joko Widodo pada Rabu (25/3) malam dari rumah duka di Kota Surakarta.

Pihak keluarga, lanjutnya, sudah berikhtiar untuk memberikan pengobatan atas penyakit yang diderita oleh Eyang Noto, sapaan akrab almarhumah ibu Sudjiatmi Notomihardjo. “Termasuk menjalani pengobatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta,” imbuhnya.

“Kita semua sudah berikhtiar, tetapi Allah sudah menghendaki. Keluarga besar memohonkan doa agar kesalahannya diampuni Allah Subhanahu Wa Ta’ala (SWT) dan husnul khatimah,” ujar Presiden Joko Widodo.

Rencananya, ungkap Presiden Joko Widodo, jenazah almarhumah Hj, Sudjiatmi Notomihardjo akan dimakamkan di Pemakaman Keluarga Mundu, Kelurahan Selokaton, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jateng, hpada pukul 13.00 WIB, Kamis (26/3).

Sumber: LKBN Antara / Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden RI

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani

LEAVE A REPLY