Pandemi COVID-19, Pemuda Tani HKTI: Menanam Penting Untuk Ketahanan Pangan

0
108
Sumber: Akun Facebook Pemuda Tani HKTI / https://www.facebook.com/DPNPemudaTani/

NEWSCOM.ID, JAKARTA – Ketercukupan dan ketahanan pangan merupakan faktor paling utama untuk keberlangsungan hidup setiap manusia dan setiap bangsa. Kesadaran terhadap hal ini semakin menguat di tengah merebaknya Corona Virus Desease 2019 (COVID-19) akibat Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) – Corona Virus (CoV)-2.

Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Pemuda Tani Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), Rina Sa’adah, Lc., M.Si., menyatakan hal itu pada Ahad (19/4), dalam rilisnya kepada NEWSCOM.ID.

“Tanpa pangan yang cukup tersedia, keberlangsungan umat manusia berada di tubir kepunahan, baik karena kelaparan maupun karena konflik atau perang saudara memperebutkan sumber-sumber pangan strategis,” tutur Rina Sa’adah.

Karena itu, lanjutnya, DPN Pemuda Tani HKTI merasa perlu untuk mengajak setiap individu, rakyat dan pemerintah Republik Indonesia (RI), untuk melakukan hal-hal berikut.

“Pertama, rakyat Indonesia diserukan untuk memanfaatkan setiap jengkal tanah / lahan yang ada untuk ditanami tanaman pangan dan tanaman obat-obatan (empon-empon), agar dalam jangka pendek mampu mencukupi kebutuhan pangan dan obat-obatan,” tutur Rina Sa’adah.

Kedua, lanjutnya, Pemerintah Indonesia diserukan agar mempercepat pelaksanaan Program Perhutanan Sosial. Tujuannya agar tanah-tanah yang dikuasai oleh negara segera dapat dimanfaatkan untuk mempercepat ketercukupan dan ketahanan pangan nasional, baik dalam waktu dekat maupun dalam jangka panjang.

“Program ini harus dilanjutkan dengan Program Reforma Agraria,” ujarnya.

Ketiga, ungkapnya, Pemerintah diserukan untuk membeli hasil panen petani secara nasional dan memberikannya kepada seluruh rakyat Indonesia. “Tujuannya agar dapat memberikan rasa aman akibat dampak dari kebijakan pembatasan sosial yang berskala besar (PSBB),” imbuh Rina.

“Keempat, pemerintah dan rakyat harus bahu-membahu dalam mengatasi wabah COVID-19 ini sehingga Krisis Corona segera berlalu dan ekonomi segera pulih kembali seperti sedia kala, serta bangsa Indonesia dapat bangkit lebih kuat dari sebelumnya,” paparnya.

Menurutnya, pemuda Tani HKTI mendukung penuh segenap langkah Pemerintah untuk memberikan informasi secara lebih terbuka (transparan) agar kita sebagai Bangsa dapat mempersiapkan diri lebih baik dalam menghadapi segala kemungkinan.

“Keterbukaan informasi ini penting bagi kebersamaan rakyat dan Pemerintah dalam melalui masa-masa sulit ini,” tegasnya.

Selaku Ketua Umum DPN Pemuda Tani HKTI, Rina pun berharap agar bangsa Inodnesia dapat selamat dari Krisi Global akiba pandemi COVID-19 ini.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani

LEAVE A REPLY