PSBB, Hyundai Menyalurkan 10.000 APD untuk Tenaga Medis Jabar

0
595
Sumber: LKBN Antara

NEWSCOM.ID, JAKARTA – PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) telah mendistribusikan sebanyak 10.000 alat pelindung diri (APD) bagi para tenaga medis di Provinsi Jawa Barat (Jabar), dalam upaya mendukung Indonesia melawan pandemi Corona Virus Desease 2019 (COVID-19).

Seperti dikutip dari Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara, Presiden Direktur PT. HMMI, Yoon Seok Choi, mengonfirmasi hal itu pada Sabtu (25/4), dalam siaran pers-nya.

PT. HMMI juga membantu Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar untuk mengimplementasi-kan tes cepat COVID-19 dengan metode Drive-Thru, sebagai metode inovatif yang mampu secara cepat dan aman mengidentifikasi virus Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) – Corona Virus (CoV)-2.

Adapun 10.000 set APD dari Hyundai untuk tenaga medis di Provinsi Jabar itu terdiri dari pakaian medis, masker, dan sarung tangan. Bantuan ini menjadi bagian dari total donasi 50.000 set bantuan APD yang diserahkan kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada awal April 2020.

Presiden Direktur PT. HMMI, Yoon Seok Choi, secara langsung telah menyerahkan donasi 10.000 unit APD itu untuk Gubernur Jabar, Dr. H. Mochamad Ridwan Kamil, S.T., M.U.D.

Adapun bantuan Hyundai dalam implementasi tes cepat dengan metode Drive-Thru itu terdiri dari ragam jenis peralatan serta tenda yang dibutuhkan untuk mendirikan klinik pop-up itu.

“Hyundai memahami bahwa pemeriksaan berskala besar yang praktis juga sama pentingnya dengan memberikan bantuan APD untuk tenaga kesehatan dalam mencegah penyebaran pandemi COVID-19,” jelas Yoon Seok Choi pada Sabtu (25/4), dalam siaran pers-nya kepada LKBN Antara.

PT. HMMI, lanjutnya, tetap berupaya menerapkan tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility/ CSR) dan memenuhi kewajiban sosialnya lebih besar daripada tanggung jawab hukum dan ekonomi. “Meskipun pabrik Hyundai masih dalam tahap pembangunan,” ungkapnya.

“Seperti halnya kami di Hyundai yang bertujuan untuk menciptakan kehidupan dan kualitas yang lebih baik di Indonesia, kami berharap bahwa dukungan kami dalam tes drive-thru dan donasi APD ini dapat secara signifikan membantu upaya pemerintah dalam meratakan kurva penyebaran COVID-19 di Indonesia,” ucapnya.

Menurutnya, tes cepat (rapid test) dengan metode drive-thru adalah klinik screening pop-up yang dapat melakukan pemeriksaan dalam skala besar dan berlangsung sekitar 10 menit per orang.

Metode ini, paparnya, telah sepenuhnya mengikuti instruksi pemerintah Indonesia dan terdiri dari empat tahap, mulai dari pendaftaran dan konsultasi, wawancara rekam medis, pemeriksaan, serta pengumpulan sampel untuk kadindat yang berpotensi terinfeksi.

“Tes cepat dengan metode drive-thru juga tetap mendukung physical distancing dan penerapan Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB) sehingga menjaga pengemudi tetap aman di dalam mobil serta membantu mereka menghindari antrean panjang di rumah sakit,” katanya.

Harapannya, ungkap Yoon Seok Choi, tes cepat dengan metode drive-thru ini dapat mencegah terjadinya penularan SARS-CoV-2 dari satu orang ke orang lainnya di ruang tunggu rumah sakit.

Yoon Seol Choi pun yakin bahwa tes ini dapat melindungi tenaga medis dari kontak fisik yang dekat dengan orang-orang yang sedang diuji dengan wabah COVID-19 serta dapat meringankan kerja tenaga medis yang ditempatkan di rumah sakit untuk mengidentifikasi virus SARS-C0V-2.

Sementara itu Gubernur Jabar, Mochamad Ridwan Kamil, menyambut baik donasi dari PT. HMMI berupa APD untuk tenaga medis serta tes cepat dengan metode drive-thru di Jabar.

“Kami sangat mengapresiasi dukungan Hyundai dalam implementasi tes deteksi cepat dengan metode drive-thru serta bantuan 10.000 set APD bagi tenaga medis guna mengurangi penyebaran COVID- 19 di Indonesia, terutama di provinsi Jawa Barat,” tutur Gubernur Ridwan Kamil.

Pemprov Jabar, lanjutnya, berharap agar tes inovatif ini dapat menjadi metode yang efektif dalam mengidentifikasi virus corona jenis baru (SARS-CoV-2), seperti yang berhasil dilakukan oleh pemeirntah Korea Selatan sebelumnya.

“Kami berharap agar hasil dari tes drive-thru dan 10.000 set bantuan APD ini dapat meningkatkan upaya pemerintah dalam menangani penyebaran COVID-19 di Indonesia secara efektif,” jelasnya.

Selain itu, PT. HMMI juga berencana untuk menyumbangkan sebanyak 5.000 perlengkapan kebersihan pribadi seperti masker, pembersih tangan, dan sabun untuk Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi.

Sebelum penyerahan bantuan APD dan lain-lain, Hyundai juga telah menyelesaikan instalasi metode tes drive-thru di Kecamatan Tambun, Kabupaten Bekasi, pada Selasa (2/4) lalu.

Selanjutnya, Hyundai sedang meninjau lebih banyak tempat untuk mengimplementasikan tes dengan metode drive-thru di Jawa Barat.

Sumber: LKBN Antara

Editor: Hamdani

LEAVE A REPLY