Dompet Dhuafa Meluncurkan Kampung Merdeka Cekal COVID-19 di Jaktim

0
137
Sumber: Tim LKC Dompet Dhuafa

NEWSCOM.ID, JAKARTA – Tim Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa (DD) telah meluncurkan Kampung Merdeka Cegah Tangkal (Cekal) Corona pada Rabu (6/5) di Kampung Tanjung Sanyang, Kelurahan Cawang, Kecamatan Kramat Jati, Kota Administrasi Jakarta Timur (Jaktim), Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta.

Ketua Crisis Centre Cekal Corona (CCCC) Dompet Dhuafa, dr. Yeni Purnamasari, M.K.M., menyatakan hal itu pada Rabu (6/5), dalam rilisnya kepada NEWSCOM.ID.

“Hari ini, kami mengajak dan mengedukasi masyarakat Kampung Tanjung Sanyang dalam pola Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Selain mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, juga ada indikator yang lain, yaitu selalu menggunakan jamban yang sehat,” tutur dr. Yeni Purnamasari, M.K.M., pada Rabu (6/5).

Kemudian, lanjutnya, masyarakat juga harus menggunakan air bersih dalam memenuhi kehidupan sehari-hari karena air yang terkontaminasi dapat menjadi sumber penyakit.

Menurutnya, warga juga harus mengkonsumsi (makanan) diet dengan gizi seimbang, terutama dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayur atau makanan yang mengandung vitamin c yang tinggi.

“Termasuk melakukan aktivitas fisik setiap hari, minimal 30 menit sebanyak lima kali dalam seminggu. Kita dapat melakukan aktifitas sederhana seperti lari, jogging, bersepeda maupun berenang,” jelasnya.

Dalam konsidi pandemi corona (COVID-19) saat ini, ucapnya, beberapa aktivitas fisik pun harus disesuaikan di rumah atau tidak memerlukan kontak dengan banyak orang. “Hentikan kebiasaan merokok. Selain merugikan diri sendiri, sebagai perokok aktif juga merugikan (warga) sekitar kita sebagai perokok pasif,” imbuhnya.

Aktfitas sosial Tim LKC DD ini mendapatkan sambutan hangat dari masyarakat setempat. “Alhamdulillah, hari ini ada kunjungan dari Dompet Dhuafa. Kami sangat berterima kasih,” ungkap Ketua Rukun Warga (RW) 08, Kamoung Tanjung Sanyang, Dadang.

Apalagi ditengah pandemi Corona (COVID-19), lanjutnya, Dompet Dhuafa telah mengajak dan mengedukasi masyarakat untuk menggalakan PHBS. “Khususnya bagi Ibu Hamil maupun anak-anak yang termasuk kelompok rentan dari penularan virus,” ujarnya.

Menurutnya, hari ini Tim Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa dengan di dampingi sepuluh kader dari RW 08 akan meninjau dengan cara door to door pemeriksaan bagi ibu hamil maupun anak-anak.

Salah seorang warga RW 08, Kampung Tanjung Sanyang, Sita, juga memberikan apresiasi positif kepada Tim LKC Dompet Dhuafa.

“Alhamdulillah dengan adanya kegiatan ini, kami terbantu, terutama untuk memonitoring kesehatan, apalagi selama ada pandemi Corona (Covid-19), saya dan anak tidak bisa ke Posyandu untuk mencegah penularan COVID-19”, jelas Sita.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani

LEAVE A REPLY