InMind Institute Menyelengarakan Webinar ‘Kebijakan Penanganan Wabah di Indonesia’

1
298
Sumber: InMind Institute

NEWSCOM.ID, JAKARTA – Inisiatif Moderasi Indonesia (InMind) Institute akan menyelenggarakan Web Seminar (Webinar) berjudul Kebijakan Penanganan Wabah di Indonesia di Masa Lalu dan Sekarang pada Jumar (15/5), Pukul 15:30 – 17:00 Waktu Indonesia Barat (WIB) melalui aplikasi Zoom.

Rencananya, webinar ini menghadirkan Kepala Pusat Penelitian Politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indoensia (LIPI), Prof. Dr. Firman Noor, M.A., selaku narasumber utama (keynote speaker).

Dua narasumber lainnya ialah Dosen Sejarah Peradaan Islam – Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Jakarta, Dr. Imas Emalia, M.Hum., dan Kandidat Dr. Phil. Fakultas Ilmu Sosial dan Budaya – Universitat Osnabruck, Jerman, Defni Holidin, S.Sos., M.P.M.

Lalu hadir juga Ketua Laboratorium Sejarah – Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB) Universitas Indonesia (UI), Dr. Agus Setiawan, selaku narasumber dalam webinar ini.

Adapun moderator dalam webinar ini ialah Peneliti InMind Institute, Zainal C. Airlangga, S.Hum., M.I.P.

Webinar ini berangkat dari realitas sejarah bahwa suatu peristiwa penting dalam siklus kehidupan umat manusia terjadi secara berulang di waktu dan tempat yang berbeda, dengan aktor-aktor pelaku yang berbeda. Hanya substansi yang serupa, tapi tidak sama, dalam peristiwa-peristiwa itu.

Pepatah Perancis, l’histoire se répète, yang berarti sejarah akan berulang, barangkali ada benarnya. Hal ini terlihat dari pandemik Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) yang bermula dari Kota Wuhan, China, pada Desember 2019. Peristiwa ini seperti mengulang riwayat wabah penyakit yang pernah melanda umat manusia ratusan tahun silam.

Seperti di masa lalu, virus pembawa penyakit ini tiba-tiba menjadi petaka yang menyebar ke seluruh dunia. Wabah COVID-19 akibat virus Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) – Corona Virus (CoV)-2 ini telah merenggut banyak nyawa dan menciptakan kepanikan global di bumi.

Di Indonesia, sejarah wabah yang mengerikan sebenarnya bukan kali pertama terjadi. Sejak negeri ini bernama Hindia Belanda, beragam wabah pernah menyerang. Sebut saja wabah cacar, kolera, pes, hingga flu Spanyol.

Namun sebagaimana menghadapi pandemik COVID-19 saat ini, pemerintah Hindia Belanda dan masyarakat nusantara di masa itu awalnya kurang memperhatikan dampak yang timbul akibat wabah.

Lantas bagaimana kebijakan penanganan wabah di masa lalu? Kemudian, ketika pandemi Corona (COVID-19) menyerang di tahun 2020, apakah langkah-langkah penanganan yang dilakukan pemerintah akan efektif? Pertanyaan-pertanyaan ini akan berupaya dijawab oleh para narasumber.

Bagi para peserta yang ingin bergabung dalam WhatsApp Grup InMind Institute, dapat menghubungi link berikut: bit.ly/KajianModerasiKebangsaan atau bit.ly/KajianInMind2  secara gratis. Webinar ini juga akan disiarkan melalui akun Youtube InMind Institute.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani, S.I.P., M.Si.

Direktur Humas dan Media InMind Institute

Redaktur NEWSCOM.ID.