Video: Wapres Menjelaskan Tiga Langkah Pemerintah Menanggulangi Pandemi COVID-19

0
110

NEWSCOM.ID, JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI), Prof. Dr. (H.C.) Drs. KH. Ma’ruf Amin, telah menjelaskan langkah-langkah nyata pemerintah dalam menghadapi pandemi Corona Virus Desease (COVID) 2019 kepada segenap pengurus dan anggota Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) pada Senin (18/5).

Seperti dikutip dari laman https://www.youtube.com/watch?v=yMnW-kRVBRk / Sekretariat Wakil Presiden (Setwapres) RI, Wapres KH. Ma’ruf Amin menjelaskan tiga langkah utama pemerintah dalam menanggulangi panddalam rangka menanggulangi pandemi COVID-19 melalui konferensi video pada Senin (18/5). Wapres juga menyampaikan ucapan selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan.

“Dalam menghadapi masa pandemi ini, maka Indonesia sementara ini melakukan refocussing, jadi fokusnya kita ubah dulu, yaitu dalam rangka menanggulangi wabah corona (COVID-19). Pertama tentu bidang kesehatannya. Ada tiga fokus yang kita lakukan,” tutur Wapres KH. Ma’ruf Amin.

Pertama, lanjutnya, melakukan tes masif untuk mengetahui seberapa jauh bangsa ini yang sudah terkena, yang positif (COVID-19), secara agresif. Kedua, kita lakukan pelayanan kesehatan seperti perawatan, isolasi dan pengobatan bagi orang yang sakit. “Tujuannya untuk memperbesar yang sembuh dan memperkecil yang meninggal dunia,” imbuhnya.

“Hal ini terus kita lakukan intensifikasi sehingga sekarang yang sembuh mulai banyak dan yang meninggal mulai mengecil. Dan yang ketiga ialah kita sebut dengan PSBB, yakni Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk membatasi berbagai hal baik ransportasi, kegiatan ekonomi, maupun kegiatan lainya,” jelasnya.

Selain itu, Wapres KH. Ma’ruf Amin juga menjelaskan peran pemerintah di bidang sosial, terkait penanggulangan wabah COVID-19 di Indonesia akibat aktifitas ekonomi yang tidak berjalan normal. Dampaknya, jumlah orang miskin di Indonesia bertambah besar hingga mencapai 40 peresn penduduk.

“Itu sebabnya kita lakukan bantuan sosial (bansos) dalam bentuk Bantuan Langsung Tunai (BLT), paket sembilan bahan pokok (sembako), dan bantuan lainnya,” ucapnya.

Berikut ini adalah video konferensi Wapres KH. Ma’ruf Amin dengan anggota dan pengurus PPI pada Senin (18/4), seperti dikutip dari laman https://www.youtube.com/watch?v=yMnW-kRVBRk / Setwapres RI. Selamat menyaksikan. Semoga bermanfaat.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani

LEAVE A REPLY