Video: Wapres: SDM Unggul Harus Berkarakter Mulia dan Berintegritas

0
139

NEWSCOM.ID, JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI), Prof. Dr. (H.C.) Drs. KH. Ma’ruf Amin, telah menyampaikan orasi ilmiah pada Sabtu (16/5) di Jakarta, melalui konferensi video, dalam acara Dies Natalis ke-56 Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

Dalam Dies Natalis ke-56 tahun 2020 ini, UNJ mengangkat tema Pengembangan Kapasitas Global dan Identitas Lokal dalam Era Digital.

Seperti dikutip dari laman https://www.youtube.com/watch?v=k_JkF4f_0_w / Sekretariat Wakil Presiden (Setwapres) RI, Wapres KH. Ma’ruf Amin menjelaskan tentang pentingnya status mahasiswa dalam proses pembangunan bangsa.

Khususnya dalam upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (sdm) yang berdaya saing global serta memiliki karakter ahlak mulia dan integritas sebagai bangsa Indonesia seutuhnya.

“Anda (mahasiswa) adalah kelompok elit dalam masyarakat Indonesia. Jumlah penduduk Indonesia yang mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan pendidikan tinggi masih terbatas,” tutur Wapres KH. Ma’ruf Amin.

Dari 126,57 juta penduduk usia 15 tahun ke atas yang bekerja, lanjutnya, berdasarkan data Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) Badan Pusat Statistik (BPS) pada Agustus 2019, hanya sekitar 12,27 juta atau hanya 9,7 persen yang berkesempatan menikmati pendidikan tinggi dan merupakan lulusan universitas.

Wapres KH. Ma’ruf Amin pun berharap kepada insan perguruan tinggi, khususnya Sivitas Akademika UNJ, untuk menjadi agen perubahan dalam masyarakat dan berkontribusi secara nyata bagi pembangunan bangsa dan negara.

Menurutnya, kehidupan saat ini semakin bersifat global dan pemanfaatan teknologi digital pun semakin maju. Karena itu, penting bagi insan perguruan tinggi untuk meningkatkan kapasitas sdm untuk berkompetisi secara global.

“Berbicara mengenai peningkatan kapasitas untuk berkompetisi secara global, kita harus memulainya dengan peningkatan kapasitas sdm. SDM yang unggul merupakan unci untuk memenangkan persaingan global,” jelas Wapres KH. Ma’ruf Amin

Menurutnya, sdm unggul adalah sdm yang sehat, cerdas, memiliki produktivitas tinggi, produktif dalam menghasilkan sesuatu yang maslahat dan manfaat, memiliki semangat untuk berkompetisi, cinta tanah air dan berahlak mulia (ahlaqul karimah).

“Pengembangan sdm unggul juga harus dimulai dari lingkungan pendidikan, termasuk Kampus UNJ. Dalam mengembangkan sdm unggul, sebuah kampus tidak cukup mengandalkan pembelajaran dalam ruang kelas saja, tetapi juga harus dapat menangkap berbagai dinamika dalam masyarakat,” ungkapnya.

Kampus, ucapnya, juga harus menjadi katalisator (pemimpin perubahan) dalam hal peningkatan kapasitas masyarakat.

Berikut ini adalah video orasi ilmiah Wapres KH. Ma’ruf Amin dalam Dies Natalis ke-56 UNJ, seperti dikutip dari laman https://www.youtube.com/watch?v=k_JkF4f_0_w / Setwapres RI. Selamat menyaksikan, smeoga bermanfaat.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani

LEAVE A REPLY