Indonesia-Turki Mengucapkan Selamat Idul Fithri dan Bahas Pandemi COVID-19

0
701
Sumber: LKBN Antara

NEWSCOM.ID, JAKARTA – Presiden Republik Indonesia (RI), Ir. H. Joko Widodo, telah berdialog melalui sambungan telepon dengan Presiden Republik Turki, Recep Tayyip Erdoğan, untuk saling mengucapkan Selamat Idul Fithri 1441 Hijriah. Kedua pemimpin juga membahas penanganan pandemi Corona Virus Desease 2019 (COVID-19).

Seperti dikutip dari Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara, Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Hj. Retno Lestari Priansari Marsudi, S.I.P., L.L.M., mengonfirmasi hal itu pada Kamis (28/5) di Jakarta, dalam Konferensi Pers berbahasa Inggris.

“Dalam sambungan telepon, Presiden Joko Widodo dan Presiden Erdogan saling bertukar salam selamat Idul Fitri. Kedua pemimpin negara juga berdiskusi tentang penerapan Tatanan Normal Baru (New Normal), bagaimana agar masyarakat tetap produktif namun aman dari pandemi COVID-19,” papar Menlu Retno Lestari.

Kedua pemimpin, lanjutnya, juga berdiskusi tentang upaya-upaya pemulihan ekonomi serta menekankan pentingnya kerjasama ke depan untuk menyelesaikan masalah ini.

Menurutnya, pemeirntah RI saat ini sedang mempersiapkan penerapan protokol Tatanan Normal Baru di sejumlah wilayah yang memiliki angka penularan penyakit COVID-19 rendah.

“Melalui tatanan normal baru ini, masyarakat dapat beraktivitas normal namun tetap dengan mematuhi protokol kesehatan secara ketat seperti menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan dan lain sebagainya,” jelas Menlu Retno.

Pada tahap awal, ucapnya, penerapan tatanan normal baru ini akan dilaksanakan di empat provinsi dan 25 kabupaten. “Selain itu, juga akan dilakukan pada sektor-sektor tertentu, salah satunya sektor pariwisata,” imbuh Menlu Retno.

Sumber: LKBN Antara

Editor: Hamdani

LEAVE A REPLY