Pemprov Kaltara Memperluas Jaringan Listrik di Malinau dan Nunukan

0
80
Sumber: https://humas.kaltaraprov.go.id/

NEWSCOM.ID, TANJUNG SELOR – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) terus berupaya membangun dan memperluas jaringan listrik di Kabupaten Malinau dan Kabupaten Nunukan. Program pengembangan dan pembangunan jaringan listrik di dua kabupaten itu mulai dilakukan pada 2020.

Seperti dikutip dari Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara, Gubernur Kaltara, Dr. Ir. H. Irianto Lambrie, M.M., mengonfirmasi hal itu pada Senin (1/6) di Kecamatam Tanjung Selor, pusat pemerintahan atau ibu kota Provinsi Kaltara.

“Kita ada program pengembangan dan pembangunan jaringan listrik di Kaltara, tepatnya di Kabupaten Malinau dan Nunukan yang rencananya dimulai pada 2020,” tutur Gubernur Irianto Lambrie.

Berdasarkan laporan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Pemprov Kaltara, lanjutnya, titik-titik lokasi yang akan dibangun jaringan listrik pada tahun 2020 ada di dua Kabupaten, yakni 15 titik di Kabupaten Malinau dan sembilan titik di Kabupaten Nunukan.

“15 titik di Malinau itu memiliki potensi sebanyak 1.449 pelanggan, dengan kapasitas trafo berjumlah 725 kVA (kilo Volt Ampere). Antara lain di Kecamatan Malinau Selatan Hilir sebanyak dua titik, Malinau Selatan sebanyak sembilan titik, Kayan Hulu sebanyak tiga titik, dan Malinau Utara sebanyak satu titik,” tutur Gubernur Kaltara itu.

Sedangkan di Kecamatan Kayan Hulu, ungkapnya, terdapat dua titik lokasi untuk peningkatan kehandalan penyaluran dan persiapan penyediaan listrik PLBN (Pos Lintas Batas Negara), yakni di Long Nawang dan Nawang Baru.

“Sementara jaringan listrik di Nunukan akan dialokasikan pada sembilan titik, yakni di Desa Terang Baru, Pa Ru’Pai, Butas Bagu, Labuk, Pagar, Lubok Buat, Long Bawan, Sei Pancang, dan Sei Nyamuk,” ucapnya.

Di sembilan titik lokasi ini, ungkapnya, terdapat potensi pelanggan berjumlah 614 pelanggan dengan daya trafo sebesar 600 kVA.

“Sedangkan yang dari Desa Long Bawan, Kecamatan Krayan, rencananya pembangunan jaringan untuk dikoneksikan dengan daya pada Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Malinau. Lalu di Desa Sei Pancang rencananya untuk persiapan Penyediaan Listrik PLBN,” jelas Gubernur Irianto Lambrie.

Sumber: LKBN Antara

Editor: Hamdani

LEAVE A REPLY