Presiden Joko Widodo Menghadiri Pembukaan KTT Virtual Ke-36 ASEAN

0
696
Sumber: Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden RI / Laily Rachev

NEWSCOM.ID, JAKARTA – Presiden Republik Inodnesia (RI), Ir. H. Joko Widodo, turut hadir dan mengikuti secara virtual Upacara Pembukaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-36 Association of South East Asian Nations (ASEAN) pada Jumat (26/6) dari Istana Kepresidenan Bogor, Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat.

Dalam rilisnya kepada NEWSCOM.ID, Sabtu (26/6), Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden RI melaporkan bahwa KTT Ke-36 ASEAN ini mengangkat tema ASEAN yang Kohesif dan Responsif.

Para pemimpin di kawasan ASEAN akan membahas sejumlah inisiatif dan kerja sama, termasuk dalam menangani pandemi Corona Virus Desease 2019 (COVID-19). Upacara pembukaan KTT Ke-36 ASEAN ini diawali dengan penampilan kesenian, lalu berlanjut dengan lagu tema The ASEAN Way.

Setelah itu Perdana Menteri (PM) Republik Sosialis Vietnam, Nguyễn Xuân Phúc, memberikan sambutan pembukaan selaku Ketua ASEAN sekaligus Tuan Rumah KTT Ke-36 ASEAN. PM. Nguyễn Xuân Phúc menyatakan bahwa KTT Ke-36 ASEAN ini menjadi yang pertama kali diadakan secara virtual, setelah berjalan lebih dari setengah abad (50 tahun).

“Pandemi COVID-19 telah mengubah cara kita bekerja. COVID-19 muncul dan meluas dengan cepat sejak awal tahun ini (2020) serta telah menyapu bersih prestasi yang dikumpulkan oleh manusia selama bertahun-tahun. Pandemi COVID-19 juga merampas dan mengancam kehidupan jutaan orang,” paparnya.

Sementara itu Sekretaris Jenderal (Sekjen) ASEAN, Dato’ Lim Jock Hoi, menyatakan bahwa terlepas dari masalah pandemi COVID-19, penyelenggaraan KTT Ke-36 ASEAN merupakan demonstrasi nyata dari solidaritas dan kepemimpinan ASEAN. “Hal ini diwujudkan dalam kerja sama regional yang konkret,” tuturnya.

Menurutnya, solidaritas seperti itu (Kepemimpinan ASEAN) sangat dibutuhkan dalam menanggapi pandemi ini.

“Kami mengharapkan upaya kolaboratif yang lebih besar dalam berbagi informasi dan pengetahuan, tidak hanya di bidang pengembangan medis, tetapi juga dalam kebijakan domestik terkait keamanan sosial dan kesehatan,” paparnya.

Hal ini, lanjutnya, mengingat dampak luas pandemi COVID-19 pada masyarakat,” ungkap Dato’ Lim Jock Hoi seperti dikutip dari keterangan tertulis di www.asean.org

Setelah upacara pembukaan, seluruh pemimpin ASEAN pun menyampaikan pandangannya dalam sesi pleno. Republik Indonesia (RI) berbicara setelah Negara Brunei Darussalam dan Kerajaan Kamboja, sesuai dengan urutan alfabet.

Dalam KTT KE-36 ASEAN ini, Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo, turut didampingi oleh Mneteri Koordinator (Menko) Bidang Perkonomian RI, Dr. Ir. Airlangga Hartarto, M.B.A., M.M.T., Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) RI, Prof. Dr. Muhajir Effendy, S.Pd., M.A.P.

Turut hadir dan mendampingi Presiden Joko Widodo ialah Menteri Luar Negeri RI, Retno Lestari Priansari Marsudi, S.I.P., L.L.M., dan Sekretaris Kabinet RI, Dr. Ir. Pramono Anung Wibowo, M.M.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani

LEAVE A REPLY