Indonesia Berhasil Terpilih Menjadi Anggota UN ECOSOC 2021-2023

0
51
Sumber: https://www.antaranews.com/

NEWSCOM.ID, NEW YORK – Republik Indonesia (RI) telah terpilih sebagai anggota Dewan Ekonomi dan Sosial Perserikatan Bangsa-Bangsa atau United Nations Economic and Social CouncilĀ (UN ECOSOC) Periode 2021-2023. Jadi Indonesia akan berupaya memajukan agenda pembangunan global 2030, termasuk Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

“Menjadi anggota UN ECOSOC merupakan kesempatan besar bagi Indonesia untuk berkontrobusi memajukan Agenda 2030, sekaligus mematikan no one left behindĀ (tidak ada yang ditinggalkan) dalam prosesnya,” tutur Wakil Tetap RI untuk PBB, Dr. Dian Triansyah Djani, S.E., M.A., pada Kamis (18/6).

Tepatnya dalam keterangan tertulis yang dibuat oleh Perwakilan Tetap RI untuk PBB di New York, Amerika Serikat (AS), seperti dikutip dari laman https://www.antaranews.com/.

Dalam tiga tahun masa baktinya, lanjut Duta Besar (Dubes) Dian Triansyah Djani, Indonesia akan fokus dalam mempromosikan pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan sebagai anggota UN ECOSOC.

“Indonesia juga akan mendorong ECOSOC untuk terus menjadi organ yang lebih relevan trasparan, efisien, dan efektif dalam menjawab tantangan global di bidnag pembangunan ekonomi, sosial, dan lingkungan,” ungkapnya.

Menurutnya, Indonesia berhasil memperoleh 186 dari 190 suara yang sah dalam pemilihan anggota ECOSOC yang dilakukan oleh Majelis Umum PBB di Markas Besar PBB, New York, AS. Keanggotaan Indonesia mewakili kelompok Asia Pasifik.

“Selain itu, terpilih juga Nigeria, Liberia, Madagaskar, Libya, dan Zimbabwe sebagai anggota UN ECOSOC mewakili kelompok Afrika,” imbuhnya.

Sedangkan Bulgaria, ucapnya, terpilih sebagai anggota UN ECOSOC mewakiliki Eropa Timur. Adapun Argentia, Guatemala, Meksiko dan Bolivia terpilih sebagai anggota UN ECOSOC mewakili Amerika Latin dan Karibia. Sementara Portugal, Prancis, Austria, Jerman, dan Inggris Raya mewakili Eropa Barta dan negara-negara lainnya.

“Selama beberapa tahun terakhir, Indonesia memenangi pencalonan di berbagai badan penting PBB, seperti di Dewan Keamanan PBB, Dewan Hak Asasi Manusia (HAM) PBB, dan hari ini di UN ECOSOC,” paparnya.

Hal ini, ujarnya, benar-benar membuktikan kepercayaan besar masyarakat internasional terhadap rekam jejak, peran dan kiprah Indonesia di forum multilateral global.

Dubes Dian Triansyah Djani pun menjelaskan bahwa UN ECOSOC merupakan salah stau dari enam organ utama PBB. ECOSC bertujuan untuk mendorong kerja sama internasional di bidang ekonomi sosial dan pembangunan.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani

LEAVE A REPLY