Wapres Ma’ruf: “Pemerintah Terus Mendorong Percepatan Pembangunan Kampus UIII”

0
103
Sumber: http://www.wapresri.go.id/

NEWSCOM.ID, JAKARTA – Pemerintah Republik Indonesia (RI) terus berusaha mendorong percepatan pembangunan Kampus Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII), termasuk mempersiapkan infrastruktur akademiknya.

Seperti dikutip dari laman http://www.wapresri.go.id/, Wakil Presiden (Wapres) RI, Prof. Dr. (H.C.) Drs. KH. Ma’ruf Amin, menyatakan hal itu pada Selasa (11/8) siang, saat menerima kunjungan Rektor UIII, Prof. H. Komaruddin Hidayat, M.A., Ph.D. secara daring, melalui Video Konferensi.

Tepatnya dari Kediaman Resmi Wapres RI di Jalan Diponegoro Nomor 2, Kota Administrasi Jakarta Pusat, Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta. Turut hadir sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju yang terkait pembangunan Kampus UIII, serta jajaran Rektorat UIII dalam pertemuan virtual ini.

“Sejak acara Groundbreaking (peletakan batu pertama) oleh Bapak Presiden pada 5 Juni 2018, pemerintah sudah berusaha untuk terus mendorong percepatan pembangunan kampus dan mendorong kesiapan infrastruktur akademiknya,” tutur Wapres Prof. KH. Ma’ruf Amin pada Selasa (11/8) siang.

Wapres Prof. KH. Ma’ruf Amin pun meminta laporan kepada jajaran menteri terkait perkembangan pembangunan Kampus UIII, serta jajaran Rektorat UIII yang hadir dalam acara ini. Antara lain meliputi kesiapan kurikulum, tenaga pengajar, penerimaan mahasiswa, infrastruktur penunjang, serta perencanaan pendanaan.

“Jadi kesimpulan saya, bahwa rencana bangunan siap (pada bulan) Juni menurut Pak Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan perkuliahan akan dimulai September 2021. Tapi tadi, Pak Bahrul Hayat mengatakan sudah akan dimulai kegiatannya¬† bulan Januari,” papar Wapres Prof. KH. Ma’ruf Amin.

Karena itu, lanjutnya, padabulan September 2020, jajaran Rektorat UIII sudah harus mulai mempersiapkan perkuliahan. “Perlu jadwal kerja dalam proses persiapannya,” imbuh Wapres Prof. KH. Ma’ruf Amin dalam arahannya.

Kemudian, Ketua Umum Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat Non-Aktif itu menyampaikan pesan dan harapannya kepada kementerian-kementerian terkait untuk segera menindaklanjuti hal-hal yang belum terselesaikan.

“Khususnya terkait rekrutmen dosen dan mahasiswa, pembangunan infrastruktur, kurikulum dan realisasi anggaran,” papar Wapres Prof. KH. Ma’ruf Amin.

Menurutnya, kementerian-kementerian yang terkait dengan proses pembangunan Kampus UIII harus berkolaborasi untuk menyempurnakan program studi (prodi).

“Kolaborasi untuk penyempurnaan prodi (program studi), supaya itu ditindaklanjuti kementerian-kementerian. Kemudian realisasi angaran tahun 2020 supaya dipercepat dan sesuai dengan target,” jelasnya.

lalu anggaran tahun 2021, ungkapnya, supaya dibahas secara intensif antara Kementerian Agama (Kemenag) RI, Kementerian PUPR RI, dan Kementerian Keuangan RI.

Editor: Muhammad Ibrahim Hamdani

LEAVE A REPLY