Pasien COVID-19 Melonjak, RSPI Sulianti Saroso Kekurangan Tenaga Medis

0
54
Sumber: Biro Pers. Media dan Informasi Sekretariat Presiden RI / https://pojoknews.pikiran-rakyat.com/

NEWSCOM.ID, KOTA BOGOR – Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Prof. Dr. Sulianti Saroso sedang mengalami kekurangan tenaga medis akibat lonjakan pasien yang dirawat dan terkonfirmasi positif Corona Virus Desease 2019 (COVID-19).

Seorang dokter spesialis paru di Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Prof. Dr. Sulianti Saroso, dr. Faisal Rizal Matondang, Sp.P., menyatakan hal itu pada Ahad (27/9) pagi, saat berbincang dengan Presiden Republik Indonesia (RI), Ir. H. Joko Widodo, secara daring.

Informasi ini dibenarkan oleh Biro Pers, Media dan Informasi (BPMI) Sekretariat Presiden RI dalam rilisnya kepada NEWSCOM.ID pada Ahad (27/9). Presiden Joko Widodo mengikuti perbincangan itu dari Istana Kepresidenan Bogor, Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat.

“Alat medis insya Allah tersedia. Tenaga mungkin masih tetap kurang. Pasien makin bertambah,” tutur dr. Faisal Rizal Matondang, Sp.P., pada Ahad (27/9).

dr. Faisal Rizal Matondang pun menjelaskan kegiatannya sehari-hari saat merawat pasien. “Kebosanan merupakan salah satu hal utama yang dirasakan pasien saat menjalani isolasi dan perawatan di rumah sakit,” paparnya.

Untuk mengatasi rasa bosan itu, ucapnya, dr. Faisal pun memberikan waktu dan perhatian yang lebih bagi para pasiennya untuk berbincang dan bercanda. “Meskipun saya merasa ada keterbatasan dan sesak (nafas) selama menggunakan masker dan Alat Pelindung Diri (APD),” jelasnya.

“Saya biasa sama pasien-pasien sering agak lama. Di samping periksa, walaupun saya sesak karena tertutup oleh APD, saya suka bercanda-bercanda. Terakhir itu saya kasih semangat buat pasien supaya pasien tetap berpikir positif untuk dapat hasil negatif swab-nya,” ujar dr. Faisal Rizal Matondang, Sp.P.

Mendengar penuturan ini, Presiden Joko Widodo pun segera merespon dengan rasa empati. “Saya bisa bayangkan betapa beratnya bertugas menangani COVID-19 ini,” ungkapnya.

Selain itu, dr. Faisal Rizal Matondang, Sp.P., pun mengingatkan masyarakat Indonesia untuk tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan COVID-19, antara lain dengan menerapkan 3M.

“3M yakni mengenakan masker, mencuci tangan secara berkala, dan menjaga jarak. Kita juga harus menghindari kerumunan untuk mencegah penyebaran lebih kanjut dari COVID-19 di tengah masyarakat” imbuhnya.

dr. Faisal Rizal Matondang, Sp.P., pun berharap agar bangsa Indonesia dapat melewati pandemi COVID-19 ini. “Tetap jaga sesuai protokol kesehatan, pakai masker, mencuci tangan, menghindari berkumpul-kumpul. Mudah-mudaham kita bisa melewati pandemi ini,” harapnya.

Di akhir perbincangan, Presiden Joko Widodo menyampaikan ucapan terima kasih dan menghargai dedikasi serta kerja keras yang ditunjukkan oleh dr. Faisal Rizal Matondang serta dokter-dokter lainnya.

“Saya menyampaikan terima kasih, mengapresiasi yang tinggi, menghargai kerja keras yang tinggi dari para dokter dan tenaga medis yang berjuang. Terima kasih kepada tenaga medis di seluruh Indonesia yang telah memberikan perawatan kepada para pasien terkonfirmasi positif COVID-19,” pungkas Presiden Joko Widodo.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani

LEAVE A REPLY