Wapres Ma’ruf: “Pesantren Berperan Sebagai Tempat Mendidik Santri Agar Paham Agama”

0
45
Sumber: http://www.wapresri.go.id/

NEWSCOM.ID, JAKARTA – Pesantren harus tetap berfokus pada peran utamanya sebagai tempat pembinaan untuk mendidik santri dalam rangka menyiapkan orang-orang yang paham agama Islam. Hal ini sangat penting untuk regenerasi ulama.

Seperti dikutip dari laman http://www.wapresri.go.id/, Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI), Prof. Dr. (H.C.) Drs. KH. Ma’ruf Amin, menegaskan fokus dari peran utama pesantren itu pada Kamis (22/10) secara virtual.

Tepatnya melalui video konferensi dari Kediaman Resmi Wapres RI di Jalan Diponegoro Nomor 2, Menteng, Kota Administrasi Jakarta Pusat. Beliau menjadi narasumber dalam acara Memperingati Hari Santri Nasional yang mengangkat tema Akselerasi Ekonomi Kerakyatan Berbasis Pesantren dan Komunitas.

“Rasulullah SAW bersabda bahwa Allah tidak akan mengambil ilmu dari hati manusia, tetapi Allah akan mengambil (ilmu) dari para ulamanya sehingga para ulama harus ada penerusnya. Bila tidak maka orang alim sudah tidak ada lagi, maka orang akan menjadikan pemimpin dari orang-orang bodoh dan tidak mengerti agama,” tuturnya.

Ketua Umum Dewan Pimpinan Majelis Ulama INdonesia (MUI) Pusat Non-Aktif itu pun mengingatkan bahwa pesantren juga harus menyiapkan rijalud (kader) dakwah. Khususnya pendakwah yang mampu beradaptasi dengan peribahan zaman di era digital saat ini.

“Perlu adanya santri dakwah secara digital. Dengan dakwah digital, sasaran akan luas, jangkauan lebih luas, waktu kapan saja dan dimana saja. Walaupun pesantren itu di suatu daerah, tapi dengan melalui proses dakwah digital maka pesannya, nasehatnya, akan sampai dimana-mana,” jelas Wapres Prof. KH. Ma’ruf Amin.

Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) ini juga menyampaikan rasa syukurnya atas perkembangan pesantren di Indonesia yang terus tumbuh berkembang. Wapres Prof. KH. Ma’ruf Amin pun meminta agar para santri dapat maju dan berkembang bersama.

“Hai orang-orang yang tidur, bangkitlah, kemudian maju bersama. Mari mengembangkan santri-santri yang kuat sehingga negara menjadi kuat,” paparnya.

Dalam kegiatan ini, Wapres Prof. KH. Ma’ruf Amin pun secara resmi mencanangkan Akselerasi Ekonomi Kerakyatan Berbasis Pesantren dan Komunitas.

“Akhirnya dengan basmalah, saya canangkan Akselerasi Ekonomi Kerakyatan Berbasis Pesantren dan Komunitas, Selamat Hari Santri Nasional, santri sehat, Indonesia kuat. Semoga Allah meridhoi ikhtiar kita,” ungkapnya.

Editor: Muhammad Ibrahim Hamdani

LEAVE A REPLY