Video: “Presiden Minta FKUB Mewaspadai Dampak Negatif Media Sosial”

0
72

NEWSCOM.ID, JAKARTA – Presiden Republik Indonesia (RI), Ir. H. Joko Widodo, memperingatkan umat beragama di Indonesia, khususnya para pengurus Forum Kerukunan Antar Umat Berama (FKUB), untuk mewaspadai dampak buruk dari media sosial seperti kabar bohong atau hoaks dan ujaran-ujaran kebencian.

“Tantangan kehidupan beragama kian hari kian berat. Kehadiran media sosial dalam mewarnai kehidupan beragama dewasa ini tidak bisa diabaikan. Tidak jarang media sosial membawa racun seperti hoaks dan ujaran-ujaran kebencian yang justru menimbulkan perpecahan,” tutur Presiden Joko Widodo pada Selasa (3/11) secara virtual.

Dalam rilisnya kepada NEWSCOM.ID, Selasa (3/11), Biro Pers, Media dan Informasi (BPMI) Sekretariat Presiden RI mengonfirmasi hal ini. Tepatnya sewaktu Presiden Joko Widodo menyampaikan amanatnya dalamĀ Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB).

Kepala Negara RI itu pun menggarisbawahi figur tokoh-tokoh agama yang diperlukan oleh bangsa Indonesia, yakni mereka yang mampu mempersatukan dan merangkul masyarakat.

“Untuk itu dibutuhkan figur dan tokoh-tokoh agama yang mempersatukan, merangkul, serta piawai melunakkan perbedaan pilihan dan paham (untuk) menjadi kekuatan (bangsa) sehingga umat tidak terjebak pada pandangan-pandangan yang ekstrem dan melegalkan kekerasan,” jelas Presiden Joko Widodo.

Presiden Joko Widodo juga berharap agar pertemuan penting FKUB ini dapat melahirkan rumusan-rumusan visioner dan rencana-rencana program strategis untuk meneguhkan nilai-nilai moderasi dan toleransi beragama.

“Semoga pertemuan FKUB ini menjadi ajang dialog atas berbagai permasalahan yang masih mengganjal dan dapat menemukan jalan keluar yang konstruktif bagi kerukunan antar umat beragama di Indonesia,” harap Presiden Joko Widodo.

Berikut ini ialah video pidato Presiden Joko Widodo saat memberikan amanat dan membuka Rakornas FKUB pada Selasa (3/11) secara virtual, seperti dilansir dari laman https://youtu.be/NnfDSd1uKqU / BPMI Sekretariat Presiden RI.

Video berdurasi lima menit 50 detik ini telah disaksikan oleh 7.078 warganet serta disukai oleh 474 netizen hingga berita ini ditayangkan. Selamat menyaksikan, semoga bermanfaat.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani

LEAVE A REPLY