Video: “SABISABU, Peluncuran Buku ‘Bukan Birokrat Biasa #2’ dan www.birokratmenulis.com”

0
86

NEWSCOM.ID, KOTA BANDUNG – Video pada akun Youtube Sabisabu 2021 di laman https://youtu.be/LWbg5CU81wc ini merupakan siaran langsung (live streaming) dari Peluncuran Buku Bukan Birokrat Biasa #2 oleh SABISABU, Satu Birokrat Satu Buku, serta Website Menulis Online http://www.birokratmenulis.com.

Video berdurasi 2 jam 52 menit 30 detik ini telah disaksikan oleh 73 warganet dan disukai oleh enam netizen hingga berita ditayangkan. Acara ini berlangsung scara daring pada Sabtu (30/1) siang, pukul 14.00 – 16.30 Waktu Indonesia Barat (WIB), serta disaksikan oleh 100 peserta melalui aplikasi Zoom.

Acara ini diselenggarakan oleh SABISABU bekerja sama dengan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Rumah Produktif Indonesia (RPI) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) dan Optik Zal serta didukung oleh Elfatih Media Insani, Institut Pemeriksa Keuangan Negara (IPKN), dan Cognoscenti – Commuting Group.

Kegiatan ini dipandu oleh Agus Sugiharto, M.Si., dan Nurjanni Astiyanti Delianur, S.Pd., M.Si., dari SABISABU dan RPI. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh pendiri dan penggagas (founder) SABISABU, Adrinal Tanjung, S.E., Ak., M.Si., dengan kata sambutan.

Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) RPI Bidang Politik dan Pemeirntahan ini juga seorang penulis produktif lebih dari 30 buku , antara lain: Bukan Birokrat Biasa, Bukan Birokrat Biasa #2Birokrat Menulis, Birokrat Menulis 2, dan Birokrat Menulis 3.

Secara khusus, hal yang unik dari buku Bukan Birokrat Biasa #2 ialah tulisan dari Founder SABISABU, Adrinal Tanjung, yang ternyata hanya sekitar 30 persen. Sedangkan 70 persen sisanya merupakan kumpulan tulisan dari sejumlah birokrat yang menjadi sahabat dan rekan-rekan Adrinal Tanjung.

Hal unik lainnya dalam Peluncuran Buku secara daring ini ialah sejumlah lagu yang dipilih untuk mengiringi acara, antara lain Masih Ada Waktu yang dipopulerkan oleh musisi ternama, Abid Ghoffar Aboe Dja’far alias Ebiet G. Ade.

Dua lagu lainnya ialah Seluruh Cinta yang dipopulerkan oleh Siti Nurhaliza dan Havana (Remix) yang dipopulerkan oleh Camila Cabello dan Daddy Yankee.

Seminar daring ini juga menghadirkan sejumlah narasumber, antara lain Komisioner Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), Hj. Sri Hadiati Wara Kustriani, M.B.A. Ia mendapat kesempatan pertama untuk menanggapi dan memberikan testimoni terhadap buku Bukan Birokrat Biasa #2 ini melalui aplikasi Zoom.

Narasumber kedua dalam acara ini ialah Deputi Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Republik Indonesia (RI) Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah (PKD), Dadang Kurnia Ak., M.B.A.

Namun karena berhalangan hadir melalui aplikasi zoom, maka Dadang Kurnia memberikan rekaman audio visualnya dalam acara ini. Rekaman itu berisi testimoni dan tanggapan terhadap buku yang baru terbit ini.

Narasumber selanjutnya ialah Rektor Universitas Andalas (Unand) Periode November 2011 – November 2015, Prof. H. Werry Darta Taifur, S.E., M.A., Ph.D. Saat ini, ia juga mengemban amanat selaku Komisaris PT. Semen Padang (Persero) dan Ketua Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Cabang Kota Padang.

Kemudian, sosok yang menjadi narasumber ialah Deputi Bidang Kajian Kebijakan dan Inovasi Administrasi Negara (KKIAN) Lembaga Administrasi Negara (LAN), Dr. Tri Widodo Wahyu Utomo, S.H., M.A.

Turut hadir dan menjadi narasumber Kepala Biro Organisasi dan Ketatalaksanaan Sekretariat Jenderal (Setjen) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI, Dr. Dini Kusumawati, S.E., M.E. Keduanya juga memberikan tanggapan dan testimoninya terhadap buku Bukan Birokrat Biasa #2.

Lalu hadir pula Ketua Umum Perkumpulan Penulis Profesional Indonesia, Bambang Trimansyah, yang akrab disapa Bambang Trim, selaku narasumber. Penulis lebih dari 200 buku ini juga menjadi pendiri dan penggagas, serta Direktur dari Institut Penulis Indonesia.

Narasumber berikutnya ialah Kepala Biro Keuangan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Tavip Joko Prahoro, S.E., M.M. Karena berhalangan hadir secara daring, maka ia memberikan tanggapan dan testimoni terhadap buku ini melalui rekaman audio visual. Rekaman itu dibuat dari Kabupaten Cilacap karena beliau sedang bertugas di sana.

Tepatnya di Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah. Hal unik lainnya ialah buku hasil karya seorang Tavip Joko Prahoro, yakni Janjiku Untuk Sembuh, menjadi salah satu buku yang diterbitkan oleh SABISABU dan Elfatih Media Insani serta BNPB.

Hadir juga Guru Besar Fakultas Peternakan Universitas Mataram, Prof. Ir. Suhubdy Yasin, M.Sc., Ph.D., dan Staf Ahli Bidang Hukum, Politik dan Pemerintah Wali Kota (Walkot) Pekanbaru, drg. Hj. Helda Suryadi Munir, M.Kes., selaku narasumber. Keduanya juga memberikan tanggapan dan testimoni dalam acara ini.

Hal yang unik ialah drg. Helda Suryani Munir, M.Kes juga menjadi penulis buku Berdamai dengan Hati, Mengalir Seperti Air yang diterbitkan oleh SABISABU dan Elfatih Media Insani.

Lebih lanjut, narasumber lainnya ialah Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Dr. H. Ngainun Naim, M.H.I., dan Presiden Rumah Produktif Indonesia (RPI), Dr. (Candidate) Yanuardi Syukur, S.Sos., M.Si., yang juga penulis lebih dari 80 buku, antara lain Muslim 4.0.

Narasumber berikutnya ialah Pejabat Pimpinan Tinggi Madya Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, Hery Subowo S.E., M.P.M., Ak., C.I.A., C.F.E. Beliau juga penulis buku Merangkai Kata Merajut Makna yang telah diterbitkan oleh SABISABU dan Elfatih Media Insani.

Narasumber lainnya dalam acara ini ialah Pendiri Yayasan Literasi Kita, Dr. Sumarto Pohan, M.Pd.I., yang juga Dosen Pascasarjana pada Program Studi (Prodi) Strata 2 Manajemen Pendidikan Islam di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup.

Berikut ini ialah video kegiatan yang disiarkan secara langsung oleh akun Youtube SABISABU 2021 di laman https://youtu.be/LWbg5CU81wc. Selamat menyaksikan, semoga bermanfaat. Terima kasih.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani

LEAVE A REPLY