Periksa Kesehatan dan Hibur Veteran Cara Lions Club Cosmopolitan, Metropolitan dan Trojans Meriahkan HUT RI 77 bersama Kodim 0501 Jakarta Pusat

0
77

NEWSCOM.ID – Menyambut HUT Kemerdekaan  RI ke 77, tiga club perkumpulan Lions Indonesia distrik 307-A1 yaitu Lions Club Jakarta (LCJ) Cosmopolitan, LCJ Metroplitan dan LCJ Pusat Trojans bekerjasama dengan Kodim 0501 Jakarta Pusat menyelenggarakan Baksos Kemerdekaan Indonesia di halaman markas Kodim 0501/JP, Kemayoran (13/08).

Mengusung tema Berbagi Bersama Pahlawan, kegiatan ini diawali dengan pemeriksaan kesehatan oleh  Polkes 00.09.01/JP Kesdam Jaya kepada 100 pahlawan yang berada dalam wilayah kordinasi Kodim 0501/JP dan Persit Kartika Chandra Kirana Kodim 0501 Cabang 15 PD Jaya yaitu hadir dari  veteran (Legium Veteran Republik Indonesia), ibu-ibu  Persatuan Istri Veteran Republik Indonesia (PIVERI) dan pahlawan tanpa tanda jasa bapak ibu guru dari  Yayasan Kartika X-I.

Acara berlangsung sejak pagi dengan melibatkan seluruh peserta yang larut dalam hiburan menyanyi dan menari bersama. Sebagai rasa syukur memperingati 77 tahun Indonesia Merdeka acara ini ditandai dengan mengheningkan cipta,  doa dan pemotongan tumpeng merah putih serta makan siang bersama. Ditutup pembagian bingkisan berupa beras, uang tunai dan kenang-kenangan mug dan handuk dari member lions club untuk para pahlawan.

Baksos kemerdekaan ini setiap tahun dilaksanakan oleh perkumpulan lions club dengan berbagai kegiatan sesuai dengan club-club penyelenggaranya. Nefa R Gozali, Presiden Club LCJ Cosmopolitan mewakili 2 club,  LCJ Metroplitan dan LCJ Pusat Trojans selaku club penyelenggara menyampaikan, “kegiatan baksos kemerdekaan ini setiap tahun dilaksanakan, namun dengan cara dan kegiatan berbeda-beda. Tahun ini kami menyelenggarakannya selama 2 hari berturut. Kemarin kami mengadakan doa dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata. Hari ini kami   dengan Bapak Dandim sepakat untuk langsung bertemu dan berbagi bersama bapak dan ibu semua. Inilah ungkapan syukur dan terima kasih kami kepada para pahlawan veteran, ibu-ibu dari ikatan istri veteran serta bapak ibu guru pahlawan tanpa tanda jasa yang semuanya telah berjuang mempertahan Indonesia sampai kita bisa 77 tahun merdeka  seperti sekarang ini.”

Turut hadir First Vice District Governor (PDG1) Peter Djayadi  mewakili distrik 307-A1  dan memberikan sambutan dengan menjelaskan tentang lions club. “Lions Club adalah organisasi pengabdian wordwide,  ada di lebih 204 negara dengan anggota 1.4 juta dalam 48 ribu club. Saat ini ada 5 pilar utama pengabdian yang menjadi fokus perhatian lions club  yang berdiri 1917 ini yaitu perhatian bagi kesehatan diabetes, childhood cancer, feed the hunger, environment and vision,” papar DG Peter.

Dalam kesempatan baksos kemerdekaan  ini selain menghibur para pahlawan ada dua pilar perhatian sekaligus dilaksanakan yaitu pemeriksaan diabetes dan feed the hunger atau berbagi makanan sehat.

Komandan Dandim 0501/JP Letkol Infantri Ato Sudiatna dalam sambutan tertulisnya  yang dibacakan oleh Kasdim Letkol Infantri Teddy Sofyan  menyampaikan bahwa “Sebagai ujung tombak TNI AD,  Kodim adalah komando kewilayahan untuk melaksanakan pembinaan teritorial dalam  langkah-langkah konkret melalui berbagai kegiatan bakti TNI. Tujuannya adalah untuk mengatasi kesulitan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Namun seiring dengan berubahnya kebutuhan, situasi dan kondisi masyarakat yang semula berupa kebutuhan langsung menjadi peningkatan kapasitas yaitu meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan masyarakat khususnya para pejuang RI LVRI dan PIVERI. Melalui berbagai kegiatan ini diharapkan akan terwujud kemanggulan TNI-Rakyat.”

Pada kesempatan penyerahan bingkisan, Presiden Nefa R Gozali menyampaikan terima kasih kepada Kodim 0501/JP dan kepada Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Kodim 0501 Cabang 15 PD Jaya, Ibu Laurensia Imelda Manuel yang hadir bersama pengurus. “Semoga kerjasama ini dapat terus terjalin di masa mendatang  bersinergi melalui program Kodim 0501/JP dan pilar-pilar pengabdian Lions Club Indonesia”, harap Presiden Nefa.

Rangkaian kegiatan dua hari baksos ini didahului sehari sebelumnya dengan  doa dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata. Kegiatan berlangsung khidmat di makam pahlawan revolusi serta  makam almarhumah Ibu Suhardani Arifin yang pernah menjabat DG Lions Club 307-A1,  juga ke beberapa makam pahlawan lainnya. Turut memberikan penghormatan dalam kegiatan ini para presiden club dan member dari tiga club penyelenggara serta pimpinan distrik 307-A1, DG Reiny Arifin, VDG1 Peter Djayadi dan Sekretaris Kabinet Tuti Kresna.* (na-fr)

LEAVE A REPLY