Wapres Ma’ruf Meresmikan Masjid Istiqlal Osaka di Jepang

0
516
Sumber: Akun Facebook Wapres KH. Ma'ruf Amin

NEWSCOM.ID, OSAKA – Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI), Prof. Dr. (H.C.) Drs. KH. Ma’ruf Amin, telah meresmikan Masjid Istiqlal Osaka yang berlokasi di Osaka, Jepang, pada Senin (6/3). Masjid ini dibangun oleh komunitas Muslim Indonesia di Osaka, Jepang.

Dalam sambutannya, Wapres Prof. KH. Ma’ruf Amin menyatakan bahwa Masjid Istiqlal Osaka menjadi penanda kontribusi masyarakat Indonesia bagi agama Islam, sekaligus kontribusi masyarakat Muslim bagi Jepang, khususnya di Osaka. Apalagi masjid ini memiliki daya tampung hingga 1.500 jemaah.

“Masjid ini penanda kontribusi masyarakat Indonesia bagi Islam dan masyarakat Muslim bagi Jepang, khususnya Osaka,” tutur Wapres KH. Ma’ruf Amin pada Senin (6/3).

Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indoensia (MUI) Pusat itu pun berharap agar Masjid Islam Osaka dapat bermanfaat bagi kepentingan ekonomi dan sosial budaya bagi umat, selain tentunya untuk ibadah salat, berzikir dan iktikaf.

“Fungsi Masjid semakin berkembang di dunia modern ini Saya mengharapkan masjid menjadi tempat pengembangan ekonomi dan keuangan syariah, baik dalam mengembangkan konsep maupun praktiknya,” tutur Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) itu.

Wapres KH. Ma’ruf Amin pun menyambut baik rencana pengurus Masjid Istiqlal Osaka untuk membangun madrasah dan klinik, selain menjadikan masjid sebagai pusat dakwah di Jepang. “Harapannya, nanti Masjid Istiqlal Osaka tidak hanya megah secara fisik, tetapi juga menjadi pusat kemajuan peradaban Islam,” ucapnya.

“Saya juga berharap agar Masjid Istiqlal Osaka dapat menjadi etalase citra dan wajah Islam yang sebenarnya, (wajah) yang menyejukkan, toleran, maju dan damai,” ujar KH. Ma’ruf Amin yang juga Wakil Ketua merangkap Ketua Harian Komisi Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) itu.

Dalam sambutannya, Pendiri dan Pengasuh Pondok Pesantren An-Nawawi di Tanara, Serang, Banten itu pun berpesan kepada seluruh pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Istiqlal Osaka untuk terus berupaya menjaga kebersihan dan keindahan masjid kebanggan bangsa Indonesia di Jepang.

“Saya titip pesan kepada seluruh DKM Masjid Istiqlal Osaka dan badan pengelola untuk menjaga agar Masjid Istiqlal Osaka ini dikelola secara profesional sehingga tetap indah, bersih dan makmur demi kepentingan peribadatan dan kesejahteraan umat,” ucapnya.

Lebih lanjut, Wapres KH. Ma’ruf Amin pun memberikan apresiasi positif kepada pemerintah Jepang, khususnya pemeirntah Kota Osaka, dalam pembangunan Masjid Istiqlal Osaka.

“Saya menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pemerintah Jepang, khususnya Gubernur Osaka, yang telah memberikan dukungan atas pendirian masjid ini,” imbuh Ketua Dewan Pimpinan MUI Pusat Masa Khidmat 2015-2020 itu.

Kemudian Wapres KH. Ma’ruf Amin menyempatkan diri untuk menunaikan ibadah salat Asar berjemaah, bersama-sama dengan Ibu Hj. Wury Estu Handayani dan Warga Negara Indonesia (WNI) Muslim di Osaka.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani

LEAVE A REPLY