CSPS SKSG UI-RPI Bertemu Bahas Riset Seminar Pendidikan Internasional

0
494
Sumber: CSPS SKSG UI

NEWSCOM.ID, JAKARTA – Ketua Center for Strategic Policy Studies (CSPS) – Sekolah Kajian Stratejik dan Global – Universitas Indonesia (UI), Guntur Subagja Mahardika, S.Sos., M.Si., telah bertemu dengan Ketua Bidang Luar Negeri Dewan Pimpinan Pusat Rumah Produktif Indonesia, Ismail Suardi Wekke, M.A., Ph.D., pada Selasa (7/3) sore.

Pertemuan berlangsung di Sekretariat CSPS SKSG UI, Gedung Mochtar Lantai 2, Kampus Universitas Indonesia (UI) Cikini, Jakarta Pusat. Sejumlah hal turut dibahas dalam pertemuan ini, atara lain peluang kerja sama RPI dengan CSPS SKSG UI dalam seminar pendidikan berskala internasional dan proposal penelitian bersama.

Dalam pertemuan ini, turut hadir Wakil Ketua CSPS – Sekolah Kajian Stratejik dan Global (SKSG) UI, Dr. Nyoman Astawa, M.SI., serta tiga peneliti CSPS SKSG UI, yakni Nuning Lestin Bintari, S.Farm., M.Si., Apt., dan Ir. Ajeng Pramastuty, S.T., M.Si., serta Marlon S. C. Kansil, S.Pi., M.Si.

Selain itu, rencana kerja sama ini juga sangat strategis karena Presiden Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Rumah Produtif Indonesia (RPI), Yanuardi Syukur, S.Sos., M.Si., juga mengemban amanat selaku Sekretaris CSPS SKSG UI.

Sedangkan Bendahara CSPS SKSG UI, Muhammad Ibrahim Hamdani, mengemban amanat selaku Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP RPI.

Salah satu hasil konkrit dari pertemuan ini ialah keikutsertaan aktif CSPS SKSG UI dalam Kolokium Internasional yang berlangsung secara hibrida sejak Ahad (13/3) hingga Kamis (16/3). Secara luring, acara ini berlangsung melalui aplikasi Zoom Cloud Meeting dan secara daring berlangsung di Makassar, Sulawesi Selatan.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Abdul Haris di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), bekerja sama dengan Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) dan Institut Agama Islam Sahid di Bogor, Jawa Barat (Jabar), serta Muhammadiyah Islamic College di Singapura.

Dalam Kolokium Internaional ini, Ketua CSPS SKSG UI, Guntur Subagja Mahardika, M.Si., berkesempatan untuk menyampaikan presentasi karya ilmiah pada Selasa (14/3) malam.

Lebih lanjut, CSPS SKSG UI dan RPI serta STIA Abdul Haris juga berencana menyelengarakan Konferensi Internasional di Jakarta pada 15-17 September 2023. Kegiatan ini juga berkolaborasi dengan rekan-rekan dari Working Group (Kelompok Kerja) Arab Saudi dan Working Group Asia Tenggara yang dihimpun oleh RPI.  

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani

LEAVE A REPLY