“Refleksi Milad Kedelapan PRIMA-DMI: Kolaborasi Wirausaha Gerakan Ekonomi Masjid”

0
546
Sumber: PP PRIMA DMI

NEWSCOM.ID, JAKARTA – Pimpinan Pusat (PP) Perhimpunan Remaja Masjid (PRIMA) Dewan Masjid Indonesia (DMI) telah menyelenggarakan kegiatan “Refleksi Milad Ke-8 PRIMA DMI” pada Sabtu (27/5) sore di Gedung DMI Pusat, Jakarta.

Peringatan Milad Ke-8 ini mengangkat tema: “Sinergi dan Kolaborasi Wirausaha Gerakan Ekonomi Masjid, dari Umat Kuatkan Rakyat”. Acara ini dibuka secara resmi oleh Ketua Departemen Pemberdayaan dan Pembinaan Wilayah PP DMI, Dr. Drs. H. Mukhtadi El Harry, M.M., M.Sc., yang juga pembina PRIMA DMI.

Turut hadir dan memberikan kata sambutan Ketua Umum PP PRIMA DMI, Munawar Khalil, S.I.P., serta Ketua Umum PP PRIMA DMI Masa Khidmat 2017-2022, Ahmad Arafat Aminullah, S.T. Hadir pula Ketua dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PP PRIMA DMI Masa Khidmat 2015-2018, yakni Asyriqin Syarif Wahadi dan Ahmad Syarifuddin.

Hadir pula sekitar 30 pengurus PP PRIMA DMI, Ketua Pimpinan Wilayah PRIMA DMI Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta, Ahmad Farhan, serta sejumlah pengurus PRIMA DMI di Provinsi Jawa Barat (Jabar).

Dalam sambutannya, Dr. H. Mukhtadi El Harry, M.M., M.Sc., selaku Pembina PRIMA DMI menyatakan apresiasinya terhadap kinerja dan kreativitas para pengurus pusat dan pengurus wilayah PRIMA DMI.

“Saya berharap agar hadirnya PRIMA DMI ini, sebagai badan otonom dari DMI, dapat menyiapkan kaderisasi yang sempurna melalui remaja masjid di seluruh Indonesia. Tujuannya agar PRIMA DMI dapat mencetak kader-kader pemimpin umat dan bangsa di masa yang akan datang,” jelasnya pada Sabtu (27/5) sore.

Apalagi PRIMA DMI, lanjutnya, telah berusia delapan tahun saat ini. Jadi kita harus tanamkan keyakinan bahwa PRIMA DMI dapat menjadi wadah kaderisasi bagi para tokoh bangsa, bahkan tokoh dunia.

“Moto memakmurkan dan dimakmurkan masjid sebagaimana visi DMI ini, insya Allah akan terwujud melalui kehadiran PRIMA DMI sebagai penggeraknya,” ujar Dr. Mukhtadi El Harry, M.M., M.Sc., saat memberikan kata sambutan.

Lebih lanjut, Pembina PRIMA DMI itu menyampaikan pesan kepada segenap kader, Primawan dam Primawati, untuk senantiasa menanamkan ghirah atau semangat yang kuat dalam berjuang bersama untuk sinergi dan kolaborasi, guna mempromosikan peran masjid sebagaimana mestinya.

“PRIMA DMI harus menjadi kawah candradimuka bagi calon-calon pemimpin bangsa dan dunia,” tegasnya.

Kemudian dalam sambutannya, Ketua Umum PP PRIMA DMI, Munawar Khalil, menyatakan bahwa semangat Refleksi 8 Tahun PRIMA DMI dengan tema “Sinergi dan Kolaborasi Wirausaha Gerakan Ekonomi Masjid, dari Umat Kuatkan Rakyat,” bertujuan untuk mewujudkan Visi DMI, yakni Memakmurkan dan Dimakmurkan Masjid.

“Melalui program entrepreneurship atau kewirausahaan guna mencetak pengusaha-pengusaha Muslim yang berjaya di masa depan, PRIMA DMI bertekad untuk mewujudkan visi DMI, yakni Memakmurkan dan Dimakmurkan Masjid. Tepatnya sebagai refleksi 8 tahun PRIMA DMI,” jelas Munawar Khalil.

PRIMA DMI, ungkapnya, telah lahir delapan tahun yang lalu dengan sebuah spirit agar DMI memiliki badan otonom yang mampu menjadi jembatan dalam mempersiapkan kader-kader pengerak (muharrik) masjid. “Hal ini menjadi upaya untuk memakmurkan dan dimakmurkan masjid,” imbuh Munawar Khalil.

“Perkembangan terkini, ikhtiar untuk memakmurkan dan dimakmurkan masjid kami tempuh melalui pertemuan yang membahas sinergi dan kolaborasi antara PRIMA DMI dengan Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI), Ikatan Pemuda Tionghoa Indonesia (IPTI) dan Paguyuban Sosial MArga Tionghoa Indonesia (PSMTI),” jelasnya.

Pertemuan itu, ungkap Munawar Khalil, bertujuan untuk mencetak dan mengembangkan wirausaha (pengusaha) muda. Ke depan, empat organisasi ini akan membahas bentuk pelatihan yang akan dijalankan.

“Kolaborasi yang dibangun PRIMA DMI bersama PSMTI, PITI, dan IPTI dalam mencetak generasi muda berjiwa entrepreneurship ini akan dibahas kembali dalam pertemuan selanjutnya, termasuk membahas bentuk pelatihan yang akan dijalankan,” ucap Munawar Khalil pada Sabtu (27/5).

Dalam acara ini, Ketua Umum PP PRIMA DMI itu juga memotong nasi tumpeng secara simbolis, sebagai bentuk melestarikan budaya bangsa sekaligus ungkapan rasa syukur kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala (SWT) dengan makan nasi tumpeng bersama para pengurus dan sesepuh PRIMA DMI.

Selanjutnya, ungkap Munawar Khalil, PRIMA DMI juga akan menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) dalam waktu dekat.

LEAVE A REPLY