CSPS – PKPB CSGS SKSG UI Rintis Kolaborasi Riset Perubahan Iklim

0
242
Sumber: CSPS CSGS SKSG UI / PKPB CSGS SKSG UI

NEWSCOM.ID, JAKARTA – Center for Strategic Policy Studies (CSPS) Center for Strategic and Global Studies (CSGS) Sekolah Kajian Stratejik dan Global (SKSG) Universitas Indonesia (UI) telah merintis kerja sama strategis dengan Pusat Kajian Pembangunan Berkelanjutan (PKPB) CSGS SKSG UI pada Jumat (21/7) malam.

Tepatnya dalam pertemuan antara Ketua CSPS CSGS SKSG UI, Guntur Subagja Mahardika, S.Sos., M.Si., dengan Ketua PKPB CSGS SKSG UI, Dr. Ir. Setia Damayanti, M.Si., di Kantor Sekretariat CSPS CSGS SKSG UI, Gedung Mochtar lantai 2, Pranata Pembangunan SKSG UI, Kampus UI CIkini, Jakarta.

Turut hadir dalam pertemuan ini Wakil Ketua, Sekretaris, Bendahara dan Peneliti CSPS CSGS SKSG UI, secara berurutan, yakni Dr. Nyoman Astawa, M.Si., M.Phil., Yanuardi Syukur, S.Sos., M.Si., Muhammad Ibrahim Hamdani, S.I.P., M.Si., dan Marlon Semuel Constantine Kansil, S.Pi., M.Si.

Dalam pertemuan ini, beberapa hal terkait peluang dan tantangan kolaborasi serta kerja sama riset antara CSPS CSGS SKSG UI dengan PKPB CSGS SKSG UI dibahas secara intensif. Termasuk tukar pendapat, ide dan gagasan mengenai potensi riset di bidang perubahan iklim, pembangunan berkelanjutan, dan kerja sama dengan pihak-pihak terkait.

“Sesuai dengan kompetensi CSPS CSGS SKSG UI, maka kami akan mempelajari riset terkait kebijakan stratejik dalam bidang perubahan iklim dan tujuan-tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals (SDGs))” tutur Guntur Subagja pada Jumat (21/7) malam.

Pernyataan tersebut segera mendapat sambutan baik dari Ketua PKPB CSGS SKSG UI, Dr. Ir. Setia Damayanti, M.Si. Menurutnya, terdapat peluang besar di antara kedua lembaga ini untuk saling bekerja sama dan kolaborasi riset dalam bidang perubahan iklim dan SDGs.

“Kami mendiskusikan peluang dan tantangan terkait Green Climate Fund atau Dana Iklim Hijau yang dikelola oleh United Nations Framework Convention on Climate Change (UNFCCC) atau Konvensi Kerangka Kerja Perubahan Iklim Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). GCF ini dapat mengoptimalkan potensi kerja sama riset kami,” jelasnya.

PKPB CSGS SKSG UI, lanjutnya,akan terus berbagi iden dan gagasan sehingga semakin banyak yang terinspirasi dari ide-ide sederhana yang aplikatif, termasuk potensi besar dari GCF itu.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani, S.I.P., M.Si.

Bendahara dan Peneliti CSPS SKSG UI

LEAVE A REPLY