Video: “Milad MUI: Muhammad Ali Yafie, Memimpin Di Tengah Gejolak”

0
188

NEWSCOM.ID, JAKARTA – Video pada akun Youtube Official TV MUI (Majelis Ulama Indonesia) di laman https://youtu.be/un-ZSCzHsQI, merupakan cuplikan profil dari Ketua Umum Dewan Pimpinan MUI Pusat yang keempat, Prof. Dr. Anre Gurutta (AG) KH. Muhammad Ali Yafie, dengan durasi tiga menit 28 detik.

Prof. Dr. AG. KH. Muhammad Ali Yafie dikenal sebagai figur pemimpin yang tegas dan bijaksana, bahkan tercatat hanya setahun memimpin MUI sebagai Ketua Umum. Beliau melanjutkan estafet kepemimpinan MUI pasca wafatnya Ketua Umum Dewan Pimpinan MUI Pusat yang ketiga, KH. Hasan Basri, pada 8 November 1998.

Figur yang lahir di Donggala, Sulawesi Tengah, pada 1 September 1926 itu pun memiliki sikap dan pandangan yang berbeda, bahkan bertolak belakang, dengan Presiden Republik Indonesia (RI) Keempat, KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

Pandangan dan sikap berbeda itu terbukti dari pengunduran diri Pak Kiai Ali, sapaan akrab KH. Muhammad Ali Yafie, dari jabatannya sebagai Ketua Umum Dewan Pimpinan MUI Pusat pada 9 Oktober 1999, saat Gus Dur menjadi Presiden RI.

Sebelumnya, Prof. KH. Muhammad Ali Yafie juga mundur dari jabatan beliau sebagai Wakil Rais A’am Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), saat Gus Dur terpilih menjadi Ketua Umum PBNU.

Bila ada seorang Kiai yang sampai dua kali mundur dari jabatannya saat Gus Dur memimpin, boleh jadi hanya KH. Muhammad Ali Yafie orangnya. Beliau memimpin MUI di tengah gejolak nasional, seiring berlangsungnya proses reformasi di Indoneia. Beliau wafat belum lama ini di Jakarta, pada 23 Februari 2023.

Semasa kepemimpinan KH. Muhammad Ali Yafie, MUI tercatat telah mencetuskan Amanat Umat Islam jelang Pemilihan Umum (Pemilu) pada 7 Juni 1999, tentang bagaimana seorang Muslim Indonesia harus bersikap menghadapi Pemilu.

Beliau juga memiliki warisan intelektual yang sangat berharga bagi umat Islam di Indonesia mengenai fikih sosial dan lingkungan. Karya ilmiah ini tentu turut membantu mengobati bangsa Indonesia di tengah kondisi sosial, ekonomi dan politik nasional yang sedang mengalami krisis saat itu.

Sumber: Akun Youtube Official TV MUI / https://youtu.be/un-ZSCzHsQI / Panitia Milad MUI Ke 48 Tahun / Nashih Nashrullah

Editor: Muhammad Ibrahim Hamdani, S.I.P., M.Si.

Wakil Sekretaris Pusat Dakwah dan Perbaikan Akhlak Bangsa (PD PAB) MUI

Peneliti Center for Strategic Policy Studies (CSPS) Center for Strategic and Global Studies (CSGS) Sekolah Kajian Stratejik dan Global (SKSG) Universitas Indonesia (UI).

LEAVE A REPLY