UI Halal ‘Center’ Menghadiri Milad Ke-48 Tahun MUI

0
341
Sumber: Muhammad Ibrahim Hamdani / UI Halal Center

NEWSCOM.ID, JAKARTA – Kepala Universitas Indonesia (UI) Halal Center, Prof. H. Muhammad Luthfi Zuhdi, M.A., Ph.D., turut hadir secara langsung dalam Tasyakur Milad Ke-48 Tahun Majelis Ulama Indonesia (MUI) pada Rabu (26/7) malam di Gedung Sasana Kriya, Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Beliau hadir dalam Tasyakur Milad Ke-48 Tahun MUI bersama-sama dengan Kepala Center for Strategic and Global Studies (CSGS) Sekolah Kajian Stratejik dan Global (SKSG) Universitas Indonesia (UI), Dr. Hj. Shobichatul Aminah, M.Si., dan Ketua Center for Strategic Policy Studies (CSPS) CSGS SKSG UI, Guntur Subagja Mahardika, S.Sos., M.Si.

Saat ini, Guntur Subagja Mahardika, S.Sos., M.Si., juga mengemban amanat sebagai Sekretaris Lembaga Wakaf MUI, sekaligus sebagai Sekretaris Panitia Pelaksana (Organizing Committee/ OC) Tasyakur Milad Ke-48 Tahun MUI.

Acara ini mengangkat tema: “Memperkokoh Persatuan dalam Bingkai Keberagaman Menuju Indonesia Yang Lebih Sejahtera dan Bermartabat”. Turut hadir dan menjadi narasumber utama Wakil Presiden (wapres) Republik Indonesia (RI), KH. Prof. Dr. (H.C.) Drs. Ma’ruf Amin, yang juga Ketua Dewan Pertimbangan MUI Pusat.

“Alhamdulillahi Rabbil A’lamin, UI Halal Center turut bersyukur dan bersuka cita atas terselenggaranya Tasyakur Milad Ke-48 Tahun ini. Semoga MUI semakin sukses dan dirasakan manfaatnya bagi umat Islam dan bangsa Indonesia di masa depan,” tutur Prof. Muhammad Luthfi Zuhdi, M.A, Ph.D., pada Rabu (26/7) malam.

UI Halal Center, lanjutnya, siap meningkatkan kerja sama dan sinergitas dengan Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-Obatan dan Kosmetika (LPPOM) MUI serta Badan Penyelengara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama (Kemenag) RI dalam hal pengembangan riset di bidang sertifikasi dan industri halal.

Acara ini juga dihadiri oleh Ketua Center for Strategic Entrepreneurial Leadership (CSEL) CSGS SKSG UI, Roy Darmawan, SE, M.Psi, Wakil Ketua CSPS SKSG UI, Dr. Nyoman Astawa, M.Si., M.Phil., dan Sekretaris CSPS CSGS SKSG UI, Yanuardi Syukur, S.Sos., M.Si., yang juga Wakil Sekretaris Panitia Pelaksana Tasyakur Milad Ke 48-Tahun MUI.

Yanuardi Syukur, S.Sos., M.Si., juga mengemban amanat selaku Anggota Komisi Hubungan Luar Negeri dan Kerja Sama Internasional (HLN KI) MUI Pusat. Hadir pula Bendahara CSPS CSGS SKSG UI, Muhammad Ibrahim Hamdani, S.I.P., M.Si., yang juga mengemban amanat selaku Wakil Sekretaris Pusat Dakwah dan Perbaikan Akhlak Bangsa (PD PAB) MUI.

Muhammad Ibrahim Hamdani, S.I.P., M.Si., juga mengemban amanat selaku Anggota Divisi Media Panitia Pelaksana Tasyakur Milad Ke-48 Tahun MUI.

Kegiatan ini diawali dengan pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an, Surat Al-Hasyr Ayat 18-20, oleh Ustaz Dr. H. Sofyan Hadi Musa, S.Q., M.A. Acara ini berlangsung istimewa karena sejumlah pengurus Dewan Pimpinan MUI Pusat mengenakan baju adat dari berbagai daerah di Indonesia.

Selain itu, Wapres RI, Prof. Dr. (H.C.) Drs. KH. Ma’ruf Amin, beserta Ibu Hj. Wury Estu Handayani, kompak menggunakan baju adat dari Sumatera Selatan (Sumsel).

Turut hadir dan menyampaikan laporan kepanitiaan Ketua Dewan Pimpinan MUI Pusat Bidang Ekonomi, Dr. H. Lukmanul Hakim, M.Si., yang juga Ketua Panitia Pelaksana (Organizing Committee/ OC) acara. Beliau menggunakan pakaian adat asal Jawa Barat.

Adapun pidato pembukaan (opening speech) disampaikan oleh KH. Dr, Marsudi Syuhud, M.M., yang menggunakan pakaian adat dari Jawa Barat.

Hal unik lainnya dalam Milad Ke-48 Tahun MUI ialah pembacaan Deklarasi Ittifaq Wathani (Komitmen Kebangsaan) yang dibacakan dan dipandu langsung oleh Ketua Dewan Pimpinan MUI Pusat Bidang Dakwah dan Ukhuwah, KH. Muhammad Cholil Nafis, Lc., M.A., Ph.D.

Kemudian Deklarasi Ittifaq Wathani ditandatangani secara simbolis oleh Wakil Ketua Dewan Pertimbangan MUI Pusat, KH. Dr. Zainut Tauhid Sa’adi, M.Si., serta para Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan MUI Pusat, yakni Buya Dr. H. Anwar Abbas, M.M., M.Ag., KH. Dr. Marsudi Syuhud, M.M., dan KH. Dr. Basri Bermanda, M.B.A.

Turut hadir dan menandatangani Deklarasi Ittifaq Wathani ialah Ketua Dewan Pimpinan MUI Pusat Bidang Seni dan Budaya, KH. Dr. Jeje Zaenudin, M.Ag., Ketua Dewan Pimpinan MUI Pusat Bidang Dakwah dan Ukhuwah, KH. Muhammad Cholil Nafis, Lc., M.A., Ph.D., dan Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan MUI Pusat, Buya Dr. H. Amirsyah Tambunan, M.A.

Selain itu, ada pula penampilan istimewa dari musik orkestra yang diaransemen oleh Muhammad Dwiki Dharmawan, S.H., M.Sn. Ada juga permainan piano dan persembahan lagu dari penyanyi fenomenal Indonesia, Ariani Nisma Putri, yang akrab disapa Putri Ariani.

Musik Orkestra yang diaransemen oleh Dwiki Dharmawan ialah lagu kebangsaan Indonesia Raya, Al-I’tiraf, dan Permata Indah Dunia. Lagu terakhir adalah ciptaan dari Putri Ariani. Kolaborasi antara Dwiki Dharmawan dan Putri Ariani mampu menampilkan harmonisasi syair, nada dan musik yang indah.

Lebih lanjut, Putri Ariani juga mendapatkan predikat kehormatan dari MUI berupa gelar Duta Seni Indonesia. Hal ini diumumkan langsung oleh Ketua Panitia Pelaksana Tasyakur Milad MUI Ke-48 Tahun, KH. Dr. Lukmanul Hakim, M.Si.

Adapun Pembawa Acara Tasyakur Milad MUI Ke-48 Tahun ialah David Chalik, S.T., M.M., M.Ag., yang juga Wakil Ketua Komisi Ukhuwah Islamiyah MUI Pusat. Sedangkan pembacaan doa di penghujung acara dipimpin oleh Ketua Dewan Pimpinan MUI Pusat, KH. Abdullah Djaidi.

Penulis dan editor: Muhammad Ibrahim Hamdani, S.I.P., M.Si.

Wakil Sekretaris Pusat Dakwah dan Perbaikan Akhlak Bangsa (PD PAB) MUI

Peneliti dan Bendahara Center for Strategic Policy Studies (CSPS) Sekolah Kajian Stratejik dan Global (SKSG) Universitas Indonesia (UI)

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Perkumpulan Rumah Produktif Indonesia (RPI).

Direktur Jaringan Strategis dan Kerja Sama Institut Inisiatif Moderasi Indonesia (InMInd Institute).

LEAVE A REPLY