INTANI Menyelenggarakan ‘Webinar’ “Kembangkan Jeruk Tanpa Musim, Raup Miliaran”

0
362
Sumber: INTANI

NEWSCOM.ID, KABUPATEN MALANG – Perkumpulan Insan Tani dan Nelayan Indonesia (INTANI) Fresh telah menyelenggarakan Seminar Web (Webinar) Inspirasi Bisnis INTANI pada Rabu (2/8), Pukul 09.30-11.30 Waktu Indonesia Barat (WIB), melalui Zoom Cloud Meeting dan disiarkan secara langsung (live streaming) di akun Youtube Tani TV.

Tepatnya di laman https://youtu.be/331Q-M44WmA dengan waktu 1 jam 52 menit 29 detik. Webinar Inspirasi Bisnis INTANI Seri ke-125 mengangkat tema: “Kembangkan Jeruk Tanpa Musim Raup Miliaran” dan dibuka secara resmi oleh Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) INTANI, Guntur Subagja Mahardika, S.Sos., M.Si.

Saat ini, Guntur Subagja Mahardika juga mengemban amanat sebagai Ketua Center for Strategic Policy Studies (CSPS) Sekolah Kajian Stratejik dan Global (SKSG) Universitas Indonesia (UI).

Adapun narasumber dalam Webinar Inspirasi Bisnis INTANI Seri ke-125 ialah seorang pengusaha tani milenial asal Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur (Jatim), Nanda Budi Prayuga. Bahkan ia berhasil menanam Jeruk Tanpa Musim (Jertanmus) dengan desain konsep pertanian terintegrasi atau Integrated Farming System (IFS).

Ketua Pembina Jertanmus IFS Indonesia itu berhasil mengelola penanaman, pembibitan dan budi daya jeruk dari hulu hingga ke hilir, termasuk mendistribusikan jeruk hingga ke tangan konsumen. Tentunya dengan mengajak para petani milenial (kelompok tani) di Kabupaten Malang, Jatim, untuk aktif dalam usaha ini.

Lebih lanjut, Nanda Budi Prayoga juga menjadi penggagas dan penanggung jawab Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) Jertanmus IFS Indonesia (JIFSI) yang berlokasi di Desa Ketindan, Kecamatan Lawanh, Kabupaten Malang, Provinsi Jatim.

Dalam proses pelaksanaannya, P4S JIFSI dibina oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pelatihan, Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan – Kementerian Pertanian (Kementan) Republik Indonesia (RI).

Webinar Inspirasi Bisnis INTANI Seri Ke-125 dipandu oleh Pengurus DPP INTANI, Ila Failani Rizona, selaku moderator dan pembawa acara (host). Acara ini diselenggarakan oleh INTANI Fresh bekerja sama dengan INTANI Farm, Mitra Mikro Social Investment, Platform Desa Digital Indonesia (DEDIGO) dan Koperasi Agro Maritim Nusantara.

Kegiatan ini juga didukung oleh sejumlah media massa daring seperti Indonesia Review (http://indonesiareview.id/), Newscom.id (https://newscom.id/), Indonesia News Network/ INN (http://inn.co.id/home/), Koran Nasional (http://korannasional.com/) dan TANI TV (https://tani.tv/), serta Indonesia Daily.Id (http://indonesiadaily.id/).

Selain itu, para peserta yang hadir di webinar Inspirasi Bisnis INTANI juga mendapatkan sertifikat elektronik (ecertificate) dari INTANI. Syaratnya, mereka harus mengisi formulir absensi elektronik (e-form) yang disediakan oleh panitia secara baik dan benar.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani, S.I.P., M.Si.

Peneliti Center for Strategic Policy Studies (CSPS) Sekolah Kajian Stratejik dan Global (SKSG) Universitas Indonesia (UI).

 

LEAVE A REPLY