Video: “Webinar Inspirasi Bisnis INTANI, Kembangkan Jeruk Tanpa Musim”

0
216

NEWSCOM.ID, KABUPATEN MALANG – Video pada akun Youtube Tani TV di laman https://youtu.be/331Q-M44WmA merupakan siaran langsung (live streaming) dari Seminar Web (Webinar) Inspirasi Bisnis Perkumpulan Insan Tani dan Nelayan Indonesia (INTANI) Seri Ke-125 pada Rabu (2/8).

Tepatnya pada Pukul 09.30-11.30 Waktu Indonesia Barat (WIB), dalam rentang waktu 1 jam 52 menit 29 detik. Webinar ini mengangkat tema: Kembangkan Jeruk Tanpa Musim Raup Miliaran.

Webinar Inspirasi Bisnis INTANI Seri Ke-125 dibuka secara daring oleh Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) INTANI, Guntur Subagja Mahardika, S.Sos., M.Si., yang juga Ketua Center for Strategic Policy Studies (CSPS) Sekolah Kajian Stratejik dan Global (SKSG) Universitas Indonesia (UI).

Adapun narasumber dalam Webinar ini ialah seorang pengusaha tani milenial asal Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur (Jatim), Nanda Budi Prayuga. Ia mendirikan korporasi yang bergerak dalam bidang penanaman Jeruk Tanpa Musim (Jertanmus) dengan desain Konsep Pertanian Terintegrasi atau Integrated Farming System (IFS).

Ketua Pembina Jertanmus IFS Indonesia itu terbukti sukses mengelola penanaman, pembibitan dan budi daya jeruk dari hulu hingga ke hilir, termasuk mendistribusikan produk jeruk hingga ke tangan konsumen. Tentunya dengan mengajak para petani milenial (kelompok tani) di Kabupaten Malang, Jatim, untuk aktif dalam usaha ini.

Lebih lanjut, Nanda Budi Prayoga juga menjadi penggagas dan penanggung jawab Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) Jertanmus IFS Indonesia (JIFSI) yang berlokasi di Desa Ketindan, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang, Provinsi Jatim.

Sedangkan moderator merangkap pembawa acara (master of ceremony/ mc) dalam Webinar Inspirasi Bisnis INTANI Seri Ke-125 ialah Pengurus DPP INTANI, Ila Failani Rizona,

Webinar Inspirasi Bisnis INTANI Seri Ke-125 diselenggarakan oleh INTANI Fresh bekerja sama dengan INTANI Farm, Mitra Mikro Social Investment, Platform Desa Digital Indonesia (DEDIGO) dan Koperasi Agro Maritim Nusantara.

Kegiatan ini juga didukung oleh sejumlah media massa daring seperti Indonesia Review (http://indonesiareview.id/), Newscom.id (https://newscom.id/), Indonesia News Network/  INN (http://inn.co.id/home/), Koran Nasional (http://korannasional.com/) dan TANI TV (https://tani.tv/), serta Indonesia Daily.Id (http://indonesiadaily.id/).

Selain itu, para peserta yang hadir di webinar Inspirasi Bisnis INTANI juga mendapatkan sertifikat elektronik (ecertificate) dari INTANI. Syaratnya, mereka harus mengisi formulir absensi elektronik (e-form) yang disediakan oleh panitia secara baik dan benar.

Berikut ini ialah video pada akun Youtube TANI TV di laman https://youtu.be/G4p2b1ub9XY. Selamat menyaksikan, semoga bermanfaat, terima kasih.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani, S.I.P., M.Si.

Peneliti Center for Strategic Policy Studies (CSPS) Sekolah Kajian Stratejik dan Global (SKSG) Universitas Indonesia (UI).

LEAVE A REPLY