Cuplikan Video: “APMISO Nusantara-PT. Pegadaian Meluncurkan Mesin Penggilingan Daging”

0
522

NEWSCOM.ID, JAKARTA – Video pada akun Youtube TV Desa News dengan judul “Mesin Penggilingan Daging Dapat Membantu Pedagang Bakso” ini merupakan cuplikan dari acara Silaturahmi APMISO Nusantara dengan PT. Pegadaian pada Jumat (11/8). Video ini ada di laman https://youtu.be/2vZXQe6ospQ dan berdurasi tiga menit 44 detik.

Acara ini berlokasi di Sekretariat APMISO (Asosiasi Pedagang Mie dan Bakso) Nusantara Cabang Jakarta Barat (Jakbar), Jalan Angsana V Nomor 5, Kelurahan Duri Kepa, Kecamatan Kebon Jeruk, Kota Administrasi Jakarta Barat, Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta.

Video ini disiarkan oleh TV Desa News dalam program Kabar Pilihan TV Desa dan diunggah ke akun Youtube pada Sabtu (12/8).

Dalam acara ini, PT. Pegadaian Kantor Wilayah (Kanwil) IX Jakarta 2 telah memberikan bantuan berupa dua buah mesin kepada APMISO Jakarta Barat, yakni mesin penggilingan daging dan mesin pencetak bakso dengan bantuan senilai Rp 69.000.000.

“Saya selaku Dewan Pakar Apmiso Nusantara hadir dalam peresmian mesin penggilingan daging dan mesin pembuatan bakso di Duri Kepa, Jakarta Barat, pada Jumat (11/8),” tutur Dewan Pakar APMISO, Guntur Subagja Mahardika, yang juga Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Perkumpulan Insan Tani dan Nelayan Indonesia (INTANI) itu.

Dalam acara ini, lanjutnya, turut hadir pimpinan dari kantor Pegadaian Kanwil 9 Jakarta 2 dan kantor Pegadaian Cabang Pembantu Tanjung Duren, Kota Administrasi Jakarta Barat.

“Tujuan kerja sama antara APMISO Nusantara dengan PT. Pegadaian dalam Program Peadaian Peduli ialah untuk menyediakan mesin penggilingan daging dan mesin pembuatan bakso yang dapat digunakan para pedagang bakso usaha mikro dan kecil (UMK),” jelasnya.

Adapun Program Pegadaian Peduli, lanjutnya, merupakan bagian dari Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PT. Pegadaian selaku Badan Usaha Milik Negara (BUMN),” imbuh Guntur Subagja yang juga Ketua Center for Strategic Policy Studies (CSPS) Sekolah Kajian Stratejik dan Global (SKSG) Universitas Indonesia (UI).

“Kegiatan ini sepenuhnya didukung oleh Program TJSL PT. Pegadaian, sebagai BUMN yang peduli pada pemberdayaan UMK,” ujarnya.

Menurutnya, meskipun para pedagang bakso adalah pelaku UMK di sektor informal, namun mereka mampu menggerakan ekonomi rakyat, khususnya di kalangan bawah. “Mereka bekerja mandiri dan mencetak lapangan kerja secara swadaya,” ucap Guntur Subagja.

Selain itu, ungkapnya, ekosistem bakso mulai dari proses produksi hingga sampai ke tangan konsumen belum terkelola dengan baik. Bahkan sebagian pedagang bakso masih menggiling dagingnya di mesin penggilingan umum di pasar-pasar.

“Padahal, kondisi ini sering kali kurang higinies. Kondisi ini pula yang menyulitkan bakso usaha mikro memperoleh sertfikat halal,” jelas Sekretaris Lembaga Wakaf (LW) Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu.

Lebih lanjut, Pembina Insan Pariwisata Indonesia (IPI) itu pun menjelaskan bahwa kedua jenis mesin yang disediakan oleh APMISO Nusantara dan PT. Pegadaian merupakan produksi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) lokal dari Wonogiri, Jawa Tengah.

“Alhamdulillah, kedua jenis mesin yang diproduksi oleh UMKM lokal dari Wonogiri ini sudah terpasang di Semarang, Yogyakarta, Bantul, Ciputat di Jakarta Selatan, Duri Kepa di Jakarta Barat, dan Tangerang Selatan,” ungkapnya.

Kemudian, kata Guntur Subagja, PT. Pegadaian yang memiliki program TJSL BUMN, juga akan membantu proses sertifikasi halal para pedagang bakso.

“Khususnya para pedagang yang memproduksi bakso di mesin penggiingan daging dan mesin pembuatan bakso tersebut, sesuai dengan standar operasi prosedur (SOP) yang berlaku di MUI. Hal ini menunjukkan bahwa PT. Pegadaiaan sangat peduli terhadap pemberdayaan UMK,” katanya.

Dalam acara ini, hadir pula Ketua Umum APMISO Nusantara, Lasiman. Dalam sambutannya, Lasiman mengucapkan terima kasih kepada PT. Pegadaian atas dukungan dan bantuannya berupa dua jenis mesin, yakni mesin penggilingan daging dan mesin pencetak bakso, untuk APMISO Nusantara.

“Terima kasih atas bantuan dari PT. Pegadaian dalam Program Pegadaian Peduli ini.Semoga kerja sama ke depan dengan APMISO Nusantara dapat berlangsung semakin baik,” ucap Lasiman pada Jumat (22/8) siang.

APMISO Nusantara, lanjutnya, mengajak kepada seluruh pedagang mi dan bakso untuk senantiasa memproduksi bakso sehat dan halal. “Para pedagang bakso harus terus melakukan inovasi, misalnya dengan memanfaatkan singkong sebagai bahan baku untuk membuat bakso,” imbuh Lasiman.

Berikut ini ialah video pada akun Youtube TV Desa News dengan judul “Mesin Penggilingan Daging Dapat Membantu Pedagang Bakso” di laman https://youtu.be/2vZXQe6ospQ, dengan durasi tiga menit 44 detik. Selamat Menyaksikan, smeoga bermanfaat, terima kasih.

Redaktur: Muhammad Ibrahim Hamdani, S.I.P., M.Si.

Peneliti CSPS SKSG UI

LEAVE A REPLY