Tenaga Medis Wafat Akibat COVID-19, Presiden Jokowi Sampaikan Belasungkawa

0
628
Sumber: LKBN Antara

NEWSCOM.ID, JAKARTA – Innalillahi wa inna ilaihi Rooji’un, Presiden Republik Indonesia (RI), Ir. H. Joko Widodo, menyampaikan belasungkawa dan duka cita mendalam kepada keluarga, kerabat dokter, perawat, dan tenaga medis lainnya yang wafat akibat terpapar wabah virus corona jenis baru atau COVID-19.

“Saya ingin menyampaikan ucapan duka cita yang mendalam, belasungkawa yang mendalam atas berpulangnya dokter, perawat, dan tenaga medis, yang telah berpulang ke haribaan Allah SWT,” kata Presiden Joko Widodo pada Senin (23/3) di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta.

Mereka, Beliau-Beliau yang wafat, lanjutnya, telah berdedikasi dan berjuang sekuat tenaga dalam rangka menangani virus corona ini.

“Atas nama pemerintah, negara dan rakyat, saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kerja keras Beliau-Beliau, atas perjuangan Beliau-Beliau dalam mendedikasikan dalam penanganan COVID-19,” ujar Presiden Joko Widodo.

Menurut Ikatan Dokter Indonesia (IDI), sampai saat ini, Senin (23/3), terdapat enam orang dokter yang dilaporkan meninggal dunia akibat COVID-19.

Sedangkan Gubernur Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta, H. Anies Rasyid Baswedan, S.E., M.P.P., Ph.D., menyatakan bahwa ada 25 tenaga medis di Jakarta yang positif COVID-19. Bahkan satu di antaranya meninggal dunia.

IDI menyatakan, salah satu faktor penyebab kematian keenam dokter adalah kurangnya ketersediaan alat pelindung diri (APD) bagi tenaga medis yang bertugas merawat pasien positif COVID-19.

Hingga Ahad (22/3), terdapat 514 pasien positif COVID-19 di Indonesia, dengan rincian 437 orang dalam perawatan, 29 orang sembuh, dan 48 orang meninggal.

Pasien COVID-19 tersebar di Provinsi DKI Jakarta sebanyak 307 orang, di Jawa Barat sejumlah 59 orang, di Banten  sejumlah 47 orang, di Jawa Timur  sejumlah 41 orang, di Jawa Tengah sejumlah 15 orang, di Kalimantan Timur sejumlah 9 orang, di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sejumlah 5 orang, dan di Kepulauan Riau sebanyak 4 orang.

Selain itu, tercatat pasien COVID-19 ada di Bali sebanyaj 3 orang, di Sulawesi Tenggara  sebanyak 3 orang, di Sumatera Utara sebanyak 2 orang, di Kalimantan Barat  sebanyak 2 orang, di Kalimantan Tengah sebanyak 2 orang, di Sulawesi Selatan sebanyak 2 orang, di Papua sebanyak 2 orang, di Riau sebanyak 1 orang, dan di Lampung  sebanyak 1 orang.

Terdapat pula pasiedn COVID-19 di Kalimantan Selatan sebanyak 1 orang, di Sulawesi Utara sebanyak 1 orang, dan di Maluku sebanyak 1 orang.

Sumber: LKBN Antara

Editor: Hamdani

LEAVE A REPLY