Darurat COVID-19, Presiden: Ada Stimulus Ekonomi untuk UMKM

0
721
Sumber: https://investor.id/

NEWSCOM.ID, JAKARTA – Presiden Republik Indonesia (RI), Ir. H. Joko Widodo, memastikan bahwa pemerintah akan memberikan stimulus ekonomi untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang terdampak wabah virus corona jenis baru atau novel corona virus desease (COVID-19).

Harapannya, usaha mereka dapat terus berjalan di tengah pandemi COVID-19 dan bangkit kembali setelah wabah virus corona jenis baru ini berakhir.

Seperti dikutip dari Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara, Presiden Joko Widodo menyatakan hal itu pada Senin (30/3), dalam Rapat Terbatas Kabinet Indonesia Maju, melalui siaran langsung video dari Istana Kepresidenan Bogor. Rapat Terbatas ini bertema Laporan Tim Gugus Tugas COVID-19.

“Bagi UMKM, pelaku usaha, dan pekerja informal, tadi sudah kita bicarakan bahwa pemerintah segera menyiapkan program perlindungan sosial dan stimulus ekonomi,” tutur Presiden Joko WIdodo

Kepala Negara RI juga menegaskan tentang stimulus ekonomi dan program perlindungan sosial yang akan segera diumumkan kepada masyarakat dalam waktu dekat.

“Ini yang akan segera kita umumkan kepada masyarakat,” ujar Presiden Joko Widodo.

Menurutnya, banyak pihak yang berharap bahwa pemerintah akan memberikan bantuan dan perlakuan khusus kepada UMKM akibat situasi pandemi COVID-19 yang melanda.

“Kondisi ini berbeda dengan krisis pada 1998 di mana sektor UMKM justru menjadi penopang ekonomi di saat sektor perbankan di Tanah Air berguguran,” jelasnya.

Sementara untuk kondisi saat ini, lanjutnyam UMKM justru menjadi sektor yang terpukul secara langsung dari dampak wabah COVID-19 karena menurunnya daya beli masyarakat secara signifikan, terutama di level terbawah.

Sumber: LKBN Antara

Editor: Hamdani

LEAVE A REPLY