Empat Rumus Cegah COVID-19 Ala Wapres Ma’ruf Amin: ‘Iman-Imun-Aman-Amin’

0
789
SUmber: LKBN Antara

NEWSCOM.ID, JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI), Prof. Dr. (H.C.) Drs. KH. Ma’ruf Amin, memiliki empat rumus penting untuk menjaga dan mencegah masyarakat Indonesia dari paparan wabah Corona Virus Desease 2019 (COVID-19) akibat Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) – Corona Virus (CoV) -2.

Seperti dikutip dari Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara, keempat rumus itu ialah meningkatkan keimanan, menjaga imunitas tubuh, menciptakan keamanan, dan mengamini doa-doa untuk keselamatan nasional.

“Jadi iman, imun, aman, amin. Kita jangan lupa untuk amin, artinya berdoa kepada Allah dengan mengucapkan amin. Seperti yang kita lakukan malam ini. Kita berdoa bersama dan mengamini doanya,” tutur Wapres Ma’ruf Amin pada Kamis (16/4) malam di Jakarta, saat menyampaikan tausiah Doa dan Dzikir Nasional untuk Keselamatan Bangsa.

Menurut Wapres KH Ma’ruf Amin, keimanan menjadi kunci utama saat menghadapi musibah pandemi COVID-19. Apalagi pandemi wabah virus Corona jenis baru ini tidak hanya menyerang Indonesia, tetapi juga 213 negara lainnya ikut tertimpa.

“Karena itu, kita harus ikhlas, harus ridho, dan kita harus sabar di dalam menerima musibah ini. Jangan sampai kita panik, jangan sampai kita berputus asa,” ungkap Wapres KH. Ma’ruf Amin.

Langkah selanjutnya, ucap Wapres Ma’ruf, ialah menjaga daya tahan tubuh. Hal ini penting dilakukan oleh setiap warga masyarakat. Dengan meningkatkan imunitas, menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan, maka penularan COVID-19 akan semakin minim.

“Dengan menjaga kesehatan kita, mengonsumsi vitamin, berolahraga, kemudian juga berjemur di tempat yang panas supaya kita imun, tahan, maka kita tidak terpapar itu (penyakit COVID-19),” ujarnya.

Wapres Ma’ruf Amin pun meminta masyarakat untuk menjaga keamanan diri sendiri dan lingkungan sekitar, antara lain dengan mengikuti anjuran pemerintah untuk menjaga jarak fisik, berkegiatan di rumah dan menghindari kerumunan.

“Kemudian kita juga harus menjaga aman. Jadi selain imunisasi diri, juga amanisasi diri, yaitu dengan ikut anjuran pemerintah untuk menjaga jarak, tidak berkumpul di tempat ramai supaya tidak tertular atau menularkan,” jelasnya.

Terakhir, Wapres mengajak seluruh masyarakat untuk mengamini setiap doa yang dipanjatkan oleh para alim u’lama guna memohon keselamatan bangsa dari pandemi COVID-19 akibat virus SARS-CoV-2.

Sumber: LKBN Antara

Editor: Hamdani

LEAVE A REPLY