Agromaritim Academy: Arah Baru Strategi Ekonomi Indonesia Era Pandemi COVID-19

0
837
Ketua DPP Perkumpulan Masyarakat Agromaritim Indonesia, Rina Sa'adah, Lc., M.Si.

NEWSCOM.ID, JAKARTA – Pandemi Corona Virus Desease 2019 (COVID-19) telah melemahkan sendi-sendi ekonomi Indonesia. Dampaknya, penghasilan para pelaku ekonomi mikro, termasuk pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), menjadi turun penghasilannya.

Pendiri (Founder) sekaligus Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Perkumpulan Masyarakat Agromaritim Indonesia (Agromaritim Academy), Rina Sa’adah, Lc. M.Si., menyatakan hal itu pada Senin (1/6), dalam rilisnya kepada NEWSCOM.ID.

“Pandemi COVID-19 di Indonesia dapat menambah jumlah pengangguran, khususnya para pelaku ekonomi mikro dan UMKM yang didominasi kaum muda. Penghasilan mereka terdampak pandemi COVID-19 sehingga dapat melemahkan sendi-sendi ekonomi Indonesia,” tutur Rina Sa’adah pada Senin (1/6).

Untuk mengatasi hal itu, lanjutnya, butuh solusi jitu dalam bidang perekonomian sehingga dapat mengurangi dampak buruk pandemi COVID-19 terhadap perekonomian Indonesia.

“Perkumpulan Masyarakat Agromaritim Indonesia aktif dalam mendukung dan menghadirkan berbagai solusi untuk memulihkan problema masyarakat akibat pandemi COVID-19,” ungkap Rina.

Perkumpulan Masyarakat Agromaritim Indonesia, ucapnya, merupakan lembaga mitra kerja yang berwawasan industri kreatif. Bahkan kami menjadi salah satu mitra utama dari percepatan kinerja Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia (RI).

“Sebagai upaya mengajak semua pihak yang memiliki perhatian dalam menumbuhkan semangat kemajuan di era penuh tantangan ini, Masyarakat Perkumpulan Agromaritim Indonesia akan menyelenggarakan Webinar Agro Maritim Academy pada Selasa (2/6), Pukul 13:00 – 15:00 Waktu Indonesia Barat (WIB),” jelasnya.

Webinar daring ini, katanya, membahas tema Strategi Sektor Perikanan dan Kelautan Menjadi Motor Penggerak Perekonomian Nasional Di Tengah Pandemi COVID-19 melalui media Zoom. Webinar ini juga akan ditayangkan secara langsung (live streaming) di akun Facebook, Instagram dan Youtube milik Agromaritim Academy.

Webinar ini, ujarnya, akan menghadirkan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia (RI), Edhy Prabowo, S.E., M.M., M.B.A., sebagai narasumber utama (keynote speaker) dalam webinar ini.

Sedangkan pemantik diskusi dalam webinar ini ialah Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Perkumpulan Masyarakat Agromaritim Indonesia, Rina Sa’adah Lc., M.Si. Adapun moderator ialah Sekretaris Jenderal DPP Perkumpulan Masyarakat Agronomi Indonesia, Ir. Sigit Iko Sugondo.

Webinar ini juga menghadirkan sejumlah narasumber, antara lain Ketua Umum Perkumpulan Insan Tani dan Nelayan Indonesia (INTANI), Guntur Subagja, S.Sos., M.Si., dan Penasihat Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Prof. Dr. Ir. Rokhmin Dahuri, M.S.

Narasumber lainnya ialah Direktur Jenderal (Dirjen) Perikanan Tangkap – KKP RI, Muhammad Zulfikar Mochtar, S.T., M.Sc., dan Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan – KKP RI, Ir. Nilanto Perbowo, M.Sc.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani

LEAVE A REPLY