Antara IPI, Lapangan Kerja Baru, dan Program Dewa-Dewi

0
133
Sumber: IPI (Insan Pariwisata Indonesia)

NEWSCOM.ID, MATARAM – Pembina Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Insan Pariwisata Indonesia (IPI), Guntur Subagja Mahardika, S.Sos., M.Si., mengajak segenap anggota IPI untuk bekerja sama dalam menciptakan lapangan kerja dalam jumlah besar bagi masyarakat Indonesia, khususnya pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Pembina Dewan Pimpinan Pusat (DPP) IPI, Guntur Subagja Mahardika, S.Sos., M.Si., menyatakan hal itu pada Sabtu (16/1) di Hotel Bidari, Kota Mataram, Provinsi Nusa Tengara Barat (NTB).

Tepatnya dalam acara Pengukuhan Pengurus DPP IPI Periode 2020-2025 dengan Ketua Umum DPP IPI, I Gede Susila Wisnawa. Informasi ini dibenarkan oleh DPP IPI dalam rilisnya kepada NEWSCOM.ID, Senin (18/1).

“Saat ini, ada 64 juta UMKM yang menyerap lapangan kerja sekitar 107 juta orang. Namun sebagian besar mereka terdampak pandemi sehingga mengalami PHK (berhenti kerja), dirumahkan, bahkan ada yang usahanya tutup. IPI bersama-sama sektor lainnya harus memulai membangkitkan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja,” ujar Guntur.

Menurut Asisten Staf Khusus (Stafsus) Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI) Bidang Ekonomi dan Keuangan ini, IPI dapat mengembangkan konsep Desa Wisata, seperti yang dicanangkan oleh Wapres Prof. Dr. (H.C.) Drs. KH. Ma’ruf Amin.

“Bapak Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin memiliki program Dewa Dewi, yaitu Desa Wisata Agro dan Desa Wisata Industri. Sektor ini dapat menghidupkan ekonomi desa dan melahirkan lapangan kerja bagi warga setempat, termasuk menghidupkan sektor UMKM,” papar Guntur Subagja Mahardika.

Menurutnya, IPI pun harus siap menjadi motor untuk membangkitkan industri pariwisata nasional. Apalagi IPI terdiri dari para pelaku industri pariwisata dan UMKM di berbagai wilayah Indonesia.

Dalam acara ini, turut hadir Presiden Indonesia – Saudi Arabia Business Council (ISABC), H. Muhammad Hasan Gaido, yang juga owner (pemilik) Gaido Group, serta Sekretaris Dewan Pakar Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Gerakan Pembumian Pancasila (GPP), Dr. Nyoman Astawa, M.Si., M.Phil.

Hadir juga Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) GPP Provinsi NTB, Dr. (H.C.) Sunardi Ayub, S.H., M.H., serta sebagian jajaran DPP IPI dalam pertemuan ini. Acara tersebut diselenggarakan secara hibrida, yakni dengan daring melalui aplikasi Zoom dan dengan luring di Hotel Bidari

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani

LEAVE A REPLY