Video: “Perkembangan Dinamis PW PRIMA DMI di Indonesia – Muspimnas I”

0
119

NEWSCOM.ID, JAKARTA – Video pada akun Youtube Hotmartua Simanjuntak di laman https://youtu.be/g4vtkm3INXE, merupakan siaran tunda dari proses Musyawarah Pimpinan Nasional (Muspimnas) I Perhimpunan Remaja Masjid (PRIMA) Dewan Masjid Indonesia (DMI) pada hari kedua, Sabtu (11/12) pagi, di Gedung DMI, Jakarta.

Video berdurasi 40 menit 21 detik ini ialah sesi Laporan Perkembangan dan Program dari Sejumlah Pimpinan Wilayah (PW) PRIMA DMI yang hadir dalam Muspimnas I PRIMA DMI. Beberapa PW PRIMA DMI yang hadir berasal dari Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Banten, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sulawesi Utara, dan Jawa Tengah.

Adapun PW-PW PRIMA DMI lainnya yang hadir berasal dari Provinsi Lampung, Kalimantan Selatan, Aceh, Bengkulu, Jawa Barat,  dan Sumatera Utara. Muspimnas ini berlangsung di Gedung DMI, Jalan Matraman Raya Nomor 48, Kota Administrasi Jakarta Timur.

Kegiatan Muspimnas I PRIMA DMI ini dibuka secara resmi oleh Pendiri dan Pembina PRIMA DMI, Drs. H. Muhammad Natsir Zubaidi, yang juga Ketua PP DMI, di Masjid Istiqlal, Jakarta, pada Jumat (10/12).

Beliau turut memberikan kata sambutan dan pidato utama (keynote speech) secara luring, bersama-sama dengan Imam Besar Masjid Istiqlal, Prof. Dr. KH. Nasaruddin Umar, M.A., dan Ketua Umum PP PRIMA DMI, Ahmad Arafat Aminullah, S.T.

Turut memberikan kata sambutan melalui video elektronik Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Menparekraf Republik Indonesia (RI), Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A., serta Sekretaris Jenderal (Sekjen) PP DMI, Dr. H. Imam Addaruqutni, M.A., yang juga pembina PRIMA DMI.

Muspimnas I PRIMA DMI ini mengangkat tema: From Youth to Mosque: Bridging The Youth Collaboration for The Future of Muslim Society” atau “Dari Pemuda ke Masjid: Menjembatani Kolaborasi Pemuda untuk Masa Depan Masyarakat Muslim”.

Muspimnas I ini diselenggarakan oleh PP PRIMA DMI serta didukung oleh para pihak seperti Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) RI, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI, serta Unit Usaha Syariah (UUS) PT Bank Maybank Indonesia, Tbk.

Muspimnas ini dipimpin oleh Ketua Presidium Sidang, Dr. Efi Afifi, S.Pd.I., M.Pd.I., yang juga Ketua Pimpinan Wilayah (PW) PRIMA DMI Banten. Sedangkan Sekretaris Presidium Sidang ialah Amirul Khalish Manik, S.Fil., S.Pd., yang juga Ketua PW PRIMA DMI Kepulauan Riau (Kepri).

Adapun anggota Presidium Sidang ialah Mulyanto, S.Pd.I., M.Psi., yang juga Ketua PW PRIMA DMI Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Kegiatan Muspimnas 2021 ini juga dirangkai dengan agenda Muslim Youth Connection 2021 atau Koneksi Pemuda Muslim yang terdiri dari sejumlah acara seperti silaturahmi nasional, sesi berbagi, talkshow (diskusi), dan peluncuran Latihan Kader Masjid (LKM), serta bedah buku.

Muslim Youth Connection 2021 merupakan agenda yang menghubungkan pemuda dengan remaja masjid, intelektual muda, aktivis, dan para pemimpin di Indonesia. PRIMA DMI berupaya mengelaborasi dan mempromosikan cara baru generasi Muslim dalam menghadapi berbagai perubahan di Indonesia.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani

LEAVE A REPLY