Kolaborasi BUMN – Urban Farming Bangun Rumah Hijau Hidroponik

0
321
Sumber: INTANI / Prayesysyah

NEWSCOM.ID, KABUPATEN TANGERANG – PT. Pegadaian bekerja sama dengan PT. Angkasa Pura I (Airport), PT. Angkasa Pura II, PT. Garuda Indonesia, Tbk, dan Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) / AirNav Indonesia telah melaksanakan Kolaborasi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) – Urban Farming.

Kegiatan ini juga berkolaborasi dengan Perkumpulan Insan Tani dan Nelayan Indonesia (INTANI) serta dimulai pada Selasa (8/8) pagi. Program ini meliputi beberapa kegiatan dan berlangsung di Politeknik Penerbangan Indonesia Curug, Kecamatan Legok, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten.

Beberapa kegiatan dalam program Kolaborasi BUMN – Urban Farming ini ialah Pembangunan Greenhouse Hydroponic (Rumah Hijau Hidroponik), serta Program Pelatihan dan Pendampingan terkait pengolahan pupuk organik dan budi daya tanaman pangan secara organik dan alami.

Dalam peluncuran kegiatan ini, turut hadir Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) INTANI, Guntur Subagja Mahardika, M.Si., yang juga Ketua Center for Strategic Policy Studies (CSPS) Sekolah Kajian Stratejik dan Global (SKSG) Universitas Indonesia (UI).

Hadir pula perwakilan pimpinan PPIC dalam acara ini, yakni Kepala Bagian Keuangan dan Umum Politeknik Penerbangan Indonesia Curug, Medy Purwanto, S.T., M.T., serta Staf CSPS SKSG UI, Prayesysyah.

Dalam pertemuan tersebut, Guntur Subagja menyatakan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja sama dan berkolaborasi dalam pembangunan Rumah Hijau Hidroponik serta bersedia menjadi fasilitator Program Pelatihan dan Pendampingan untuk budi daya tanaman pangan dan pengolahan pupuk organik.

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah bersedia membantu dan memfasilitasi pembangunan Rumah Hijau Hidroponik serta Program Pelatihan dan Pendampingan untuk pupuk organik dan budi daya tanaman pangan ini,” tuturnya pada Selasa (8/8) pagi.

INTANI, lanjutnya, sangat mendukung kegiatan Kolaborasi BUMN – Urban Farming ini dan siap berpartisipasi aktif dengan para pihak untuk mewujudkan kedaulatan pangan di Indonesia. “Apalagi lokasi pembangunannya berlangsung di Politeknik Penerbangan Indonesia Curug,” imbuh Guntur Subagja.

Guntur Subagja Mahardika pun yakin bahwa kehadiran BUMN seperti PT. Angkasa Pura I (Airport), PT. Angkasa Pura II, PT. Garuda Indonesia, Tbk, dan AirNav Indonesia serta PT. Pegadaian akan sangat dirasakan manfaatnya bagi para petani di sekitar lokasi berdirinya Politeknik Penerbangan Indonesia Curug.

“Saya yakin, kehadiran BUMN dalam kegiatan Kolaborasi BUMN – Urban Farming akan sangat dirasakan manfaatnya oleh para petani dan pekerja terkait lainnya di sekitar Politeknik Penerbangan Indoensia Curug,” ungkapnya.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani, S.I.P., M.Si.

Peneliti CSPS SKSG UI

LEAVE A REPLY