‘Talkshow Peacemaker Forum 2023’: Ikhtiar Global Mewujudkan Kemerdekaan Palestina

0
595
Sumber: Aqsa Working Group / SKSG UI

NEWSCOM.ID, JAKARTA – Program Studi (Prodi) Kajian Wilayah Timur Tengah dan Islam (KWTTI) Sekolah Kajian Stratejik dan Global (SKSG) Universitas Indonesia (UI) bekerja sama dengan Aqsa Working Group (AWG) akan melaksanakan Talkshow Peacemaker Forum 2023 pada Rabu (29/11) pagi.

Acara ini digagas oleh Center for Strategic Policy Studies (CSPS) SKSG UI dan didukung sepenuhnya oleh Himpunan Mahasiswa (Hima) Pascasarjana KWTTI SKSG UI.

Kegiatan ini akan berlangsung di Ruang Global Development Learning Network (GDLN), Gedung Institute for Advancement of Science Technology and Humanity (IASTH), lantai 5, Kampus UI Salemba, Jakarta.

Acara Talkshow Peacemaker Forum 2023 ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Bulan Solidaritas Palestina (BSP) 2023 yang terlaksana selama November 2023 dengan tema: Bergerak Berjamaah, Tolak Pemisahan Masjidil Aqsa.

Program “Talkshow Peacemaker Forum 2023″ juga mengambil momentum penting, tepat pada 29 November, yang diperingati oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PB) dan komunitas internasional sebagai Hari Solidaritas Internasional untuk Rakyat Palestina. PBB telah menetapkannya sejak 29 November 1977.

Seperti dilansir dari laman Antara News pada Selasa (28/11), tertulis bahwa Hari Solidaritas Internasional untuk Rakyat Palestina merujuk pada saat Dewan Keamanan (DK) PBB mengadopsi Resolusi DK PBB Nomor 181 Tentang Rencana Partisi Palestina pada 29 November 1947.

Resolusi DK PBB Nomor 181 memuat rencana pembagian Palestina ke dalam dua negara, yakni sebuah negara Arab (Negara Palestina) dan sebuah negara Yahudi (Negara Israel) yang merdeka, serta membentuk rezim internasional yang khusus mengelola Kota Yerusalem. (Jafar M. Sidik, Penulis, Antara News,” Solidaritas Dunia untuk Palestina Kini Terasa Jauh Lebih Penting,” Selasa, 28/11/2023).

Kegiatan ini menghadirkan dua narasumber utama, keynote speakers, antara lain Direktur SKSG UI, Athor Soebroto, S.E., M.M., M.Sc., Ph.D., yang juga akan membuka acara ini secara resmi.

Keynote speaker lainnya ialah Duta Besar (Dubes) Negara Palestina untuk Republik Indonesia (RI), Yang Mulia Dr. Zuhair S. M. Al-Shun, yang diwakili oleh Deputi Dubes Palestina untuk RI, Dr. Ahmed M.I Metani.

Selain itu, terdapat lima narasumber dalam acara ini, antara lain Ketua Prodi KWTTI SKSG UI, Yon Machmudi, M.A., Ph.D., Direktur Timur Tengah, Direktorat Asia Pasifik dan Afrika, Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI, Bagus Hendraning Kobarsyih, M.Si., dan Ketua Presidium Medical Emergency Rescue – Committee (MER-C), dr. Sarbini Abdul Murad.

Dua narasumber lainnya ialah Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, Dr. H. Ikjsan Abdullah, S.H., M.H., dan Ketua Dewan Presidium AWG, Ir. Nur Ikhwan Abadi.

Adapun moderator dalam acara ini ialah Kepala Peliputan Kantor Berita MINA (Mina News), Rana Setiawan, yang juga Koordinator Acara BSP 2023. Hadir pula Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Al-Jam’iyatul Washliyah, KH. Dr. Masyhuril Khamis, S.E., M.M., yang akan memberikan testimoni dalam acara ini.

Rencananya, turut hadir Peneliti CSPS SKSG UI, Muhammad Ibrahim Hamdani, S.I.P., M.Si., yang juga Anggota Dewan Pakar Organization of Islamic Cooperation (OIC) Youth Indonesia atau Pemuda OKI Indonesia. Ia turut menjadi penggagas acara ini.

Kemudian, akan hadir juga Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Perhimpunan Remaja Masjid (PRIMA) Dewan Masjid Indonesia (DMI), Munawar Khalil, S.I.P., untuk memberikan testimoni dalam kegiatan ini.

Sementara itu Ketua CSPS SKSG UI, Guntur Subagja Mahardika, M.Si., dalam rilisnya pada Selasa (28/11), menyatakan apresiasi positif terhadap penyelenggaraan Talkshow Peacemaker Forum 2023 dalam puncak BSP 2023.

“CSPS SKSG UI mengapresiasi penyelenggaraan Talkshow Peacemaker Forum yang diselenggarakan bersama oleh Aqsa Working Group, Pascasarjana KWTTI SKSG UI, SKSG UI dan CSPS SKSG UI dalam puncak peringatan Bulan Solidaritas Palestina 2023,” tutur Guntur Subagja.

CSPS SKSG UI, lanjutnya, mengecam invasi Israel ke Gaza, Palestina, dan berharap dukungan dunia untuk menekan Israel agar menghentikan agresinya. “CSPS SKSG UI mendukung Palestina merdeka,” tegasnya.

Melalui Peacemaker Forum, ungkapnya, CSPS SKSG UI mengajak masyarakat Indonesia untuk membantu masyarakat Gaza dan Palestina, misalnya melalui kepedulian kemanusiaan dan bijak di tengah isu boikot produk pro Israel.

“Kami prihatin apabila pendapatan perusahaan-perusahaan pro Israel itu digunakan membeli senjata untuk membunuh warga sipil, perempuan, dan anak-anak serta merebut lahan Palestina. Bangkit Palestina, merdeka Palestina!,” jelasnya.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani, S.I.P., M.Si.

Peneliti CSPS SKSG UI

LEAVE A REPLY