Wapres Makruf Amin Akan Membuka IRI – Indonesia

0
156
Wapres RI, Prof. Dr. (H.C.) Drs. KH. Makruf Amin. Sumber: https://ppid.menlhk.go.id/

NEWSCOM.ID, JAKARTA – Sejumlah tokoh nasional akan menjadi narasumber dalam Interfaith Rainforest Initiative – Indonesia (IRI – Indonesia) atau Prakarsa Lintas Agama Untuk Hutan Tropis – Indonesia pada Kamis (30/1) hingga Jumat (31/1) di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta Selatan.

Berdasarkan jadwal acara yang diterima NEWSCOM.ID dari panitia IRI – Indonesia pada Selasa (28/1) siang, kegiatan ini akan dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI), Prof. Dr. (H.C.) Drs. KH. Makruf Amin. Beliau juga akan menjadi pembicara utama (keynote speaker) dalam perhelatan internasional ini.

Sumber: https://www.interfaithrainforest.org/

Tokoh nasional lainnya yang akan memberikan kata sambutan dalam pembukaan lokakarya IRI – INdonesia ialah Ketua Kehormatan Presidium Inter Religion Council Indonesia (IRCI), Prof. Drs. H. Muhammad Sirajuddin (Din) Syamsuddin, B.A., M.A., Ph.D.

Prof. Din Syamsuddin juga menjadi narasumber dalam sesi Deklarasi Agama utuk Hutan dan Refleksi Spiritual Terhadap Hutan di IRI – Indonesia.

Narasumber lainnya ialah Ir. Abdon Nababan dari Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN), dan Zainal Abidin Bagir, M.A., Ph.D., dari Universitas Gajah Mada (UGM). Sesi ini difasilitasi oleh Nana Firman dari Greenfaith.

Lalu Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI, Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc., juga akan memberikan kata sambutan, selaku narasumber utama, dalam IRI-Indonesia.

Sumber: https://www.interfaithrainforest.org/

IRI – Indonesia ini juga akan menggelar sejumlah lokakarya dengan beragam tema, yakni: Pertama, Hutan, Keanekaragaman Hayati, dan Perubahan Iklim dengan fasilitator Mubariq Ahmad, S.E. M.A., Ph.D., peneliti dari Conservation Strategy Fund (CSF).

Sedangkan narasumber dalam lokakarya ini ialah Prof. Dr. Ir. Kuntoro Mangkusubroto dari Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Prof. Dr. Ir. Bambang Hero Saharjo, M.Agr., dari Institut Pertanian Bogor (IPB).

Lokakarya kedua bertema Hutan dan Tantangan Perlindunganya di Indonesia dengan fasilitator Dr. Fachruddin Majeri Mangunjaya, M.Si., dari Universitas Nasional (UNAS).

Narasumber dalam lokakarya ini ialah Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Dr. H. Muhammad Busyro Muqoddas, S.H., M.Hum., dan Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), H. Imam Pituduh, S.H., M.H., serta Prof. Ir. Hariadi Kartodihardjo, M.S., Ph.D., dari IPB.

Lokakarya ketiga bertema Masyarakat Adat untuk Perlindungan Hutan dengan fasilitator Sekretaris Jenderal (Sekjen) AMAN, Rukka Sombolinggi

Narasumber dalam lokakarya ini ialah Kasmita Widodo dari Badan Registrasi Wilayah Adat (BRWA), Bupati Jayapura, Matius Awoitauw, S.E., M.Si., dan Kepala Masyarakat Dayak Iban Sungai Utik, Apai Janggut.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani

LEAVE A REPLY