Catatan Thamrin Dahlan: Perhatikan Latar Belakang Ketika Ber-Selfie Ria

0
786

Kehadiran sesorang disuatu tempat patut di catat dan dipublikasi dalam bentuk dokumentasi foto. Istilah anak muda sekarang disebut sebagai selfie.

Pada ghalibnya, foto membuktikan alibi seseorang itu dipastikan barada disatu tempat. Akan lebih bermakna ketika mengabadikan peristiwa keberadaan tersebut mempertimbangkan latar belakang ketika berfoto.

Seberapa penting latar belakang ber-selfie karena bisa menjelaskan secara tidak langsung dimana lokasi foto itu diambil. Itulah sebaiknya ketika anda berada di tempat wisata misalnya maka cari tanda atau ikon berupa bangunan yang sangat dikenal masyarakat.

Foto nan tertera di artikel ini terrekam pada tahun 2005 ketika wisata ke Eropa. Mungkin inilah salah satu hikmah banjir di tahun baru 2020 sehingga album foto ditemukan diantara barang barang yang terrendam air.

Wisata ke Eropa pada masa itu belum menggunakan aplikasi kamera yang tertanam di handphone. Pada saat itu, kami mengunakan kamera pocket dengan gulungan film di dalamnya.

Dengan demikian, terdapat keterbatasan jumlah foto yang bisa diabadikan. Selain itu, film foto harus dicuci dan dicetak terlebih dahulu, baru bisa dilihat hasil gambarnya.

Syukurlah gambar wisata terekam walau hasilnya jepretan foto seadanya. Paling tidak ada yang dibanggakan ke anak cucu bahwa Datuknya pernah pula melancong ke Menara Eiffel di Paris dan Kincir Angin di Belanda.

Era kemajuan teknologi informasi, komunikasi dan transformasi saat ini mengubah gaya hidup manusia. Pergeseran budaya manusia tradisional ke modern tidak bisa dipungkiri dan ditahan.

Lihat saja peran handphone yang sudah mengambil alih peran televisi, radio, telpon, kamera, kalkulator, alat perekam, live streaming, notebook, mobile banking, gojek go food dan segala macam keperluan manusia.

Artinya kini segala kebutuhan manusia berada dalam satu genggaman tangan yaitu alat ajaib bernama handphone. Anda bisa sepuasnya menggunakan kamera tanpa kuatir kehabisan film seperti 10 tahun lalu. Anda setiap saat bisa kirim foto ke sanak keluarga dan teman teman.

Perhatikan ketika mengambil foto, usahakan latar belakang tempat ber-selfie ria menjelaskan dimana anda berada pada peristiwa saat itu. Jangan asal berfoto tersenyum dan tertawa saja tetapi orang yang dikirimi foto secara online tidak mengerti anda sedang berada di lokasi mana.

Point yang ingin disampaikan disini adalah bahwa kemajuan teknologi memberikan kemudahaan kehidupan bagi kita semua. Namun dibalik itu semua hendaknya azas manfaat informasi dari handphone menjadi pertimbangan utama dalam nuansa berbagi kebaikan bagi kita semua.

Penulis: Thamrin Dahlan, M.Si.

Editor: Muhammad Ibrahim Hamdani

LEAVE A REPLY