Tujuh Lantai Kejaksaan Agung Terbakar, 200 Personil Damkar Bergerak

0
105
Foto udara gedung utama Kejaksaan Agung yang terbakar, Sabtu (22/8). Kebakaran itu masih dalam penanganan pihak pemadam kebakaran. Sumber: https://www.antaranews.com/.

NEWSCOM.ID, JAKARTA – Sebanyak tujuh lantai di Gedung Kantor Kejaksaan Agung Republik Indonesia (RI) menjadi korban dari amukan si jago merah (api) sehingga terbakar habis pada Sabtu (22/8) malam.

Seperti dilansir dari laman https://www.antaranews.com/, Gedung ini terletak di Jalan Sultan Hasanudin Dalam Nomor 1, RT 011, RW 007, Kelurahan Kramat Pela, Kecamatan Kebayoran Baru, Kota Administrasi Jakarta Selatan (Jaksel), Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta.

“Iya, memang ini ada perambatan (api). Tadi kita saksikan ada sekitar tujuh lantai,” tutur Kepala Dinas (Kadis) Penanggulangan Kebarakan dan Penyelamatan (Gulkarmat) Provinsi DKI Jakarta, Drs. Satriadi Gunawan, M.Si., pada Sabtu (22/8) malam.

Menurutnya, lantai yang terbakar berada di sisi selatan gedung. Sedangkan petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) bertugas melokalisasi api agar tidak merambat hingga ke sisi utara gedung.

“Informasi awal, kebakaran bermula dari lantai enam, sekarang (Sabtu, 22/8 malam) sudah merambat ke lantai tiga. Adapun penyemprotan api mengandalkan sumber air yang berasal dari fasilitas Kolam Renang Bulungan dan sejumlah aliran kali di dekat lokasi kejadian,” jelas Kadis Gulkarmat Provinsi DKI Jakarta itu.

Sedangkan upaya melokalisasi dan pemadaman api, lanjutnya, telah melibatkan 38 unit armada pompa pemadam dan 200 personil petugas Damkar sejak Pukul 19.15 Waktu Indonesia Barat (WIB).

Selain itu, Drs. Satriadi Gunawan, M.Si., pun menduga bahwa bangunan Gedung Kejaksaan Agung RI telah berusia lama dan memiliki resiko kebakaran. “Iya, kalau resiko kebakarannya ya memang seperti itu. Tapi segera kita akan padamkan,” paparnya.

Editor: Muhammad Ibrahim Hamdani

LEAVE A REPLY