Wapres Ma’ruf: “Ekonomi dan Keuangan Syariah Memperkuat Pilar Ketahanan Ekonomi Nasional”

0
52
Sumber: http://www.wapresri.go.id/

NEWSCOM.ID, JAKARTA – Pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia harus diarahkan sebagai salah satu pilar untuk memperkuat ketahanan ekonomi nasional, sekaligus sebagai sarana pelibatan dan pemberdayaan umat. Adapun tujuan utamanya ialah peningkatan kesejahteraan rakyat.

Seperti dikutip dari laman http://www.wapresri.go.id/ Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI), Prof. Dr. (H.C.) Drs. KH. Ma’ruf Amin, menyatakan hal itu pada Kamis (15/10), saat menjadi narasumber dalam Perayaan Dies Natalis Ke-63 Universitas Diponegoro (UNDIP) secara virtual, melalui Video Konferensi dari Kediaman Wapres RI.

“Sekalipun dapat berperan sebagai sarana pelibatan dan pemberdayaan umat, pengembangan ekonomi syariah sejatinya harus diarahkan juga sebagai salah satu pilar untuk memperkuat ketahanan ekonomi nasional, dengan tujuan utama untuk peningkatan kesejahteraan rakyat,” tutur Wapres Prof. KH. Ma’ruf Amin pada Kamis (15/10).

Karena itu, lanjutnya, peran lembaga pendidikan tinggi seperti UNDIP sangat penting dalam membantu dan mengembangkan ekonomi syariah di wilayahnya. Sebagai pusat kegiatan pendidikan, UNDIP dapat memberikan kontribusinya melalui pemberian edukasi dan literasi kepada peserta didik tentang potensi ekonomi dan keuangan syariah.

“Harapannya, syariah menjadi pilihan yang rasional dan dapat memberikan nilai tambah yang dapat diambil dalam melakukan aktvitas sehari-hari,” ujar Ketua Umum Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Non-Aktif itu.

Dalam acara ini, Wapres Prof. KH. Ma’ruf Amin yang juga Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) itu menyampaikan Orasi Ilmiah dengan tema: “Pemanfaatan Riset Ekonomi Syariah Bagi Pemberdayaan Masyarakat di Wilayah Pesisir Dalam Tatanan Normal Baru”.

“Sebagai gudangnya intelektual, edukasi terkait ekonomi dan keuangan syariah yang dilakukan UNDIP akan lebih kredibel dan diterima oleh masyarakat,” paparnya.

UNDIP, jelasnya, dapat menyelenggarakan berbagai aktivitas kegiatan yang bertujuan untuk menyemarakkan aktivitas ekonomi dan keuangan syariah seperti seminar, diskusi, eksibisi serta berbagai bentuk kegiatan lainnya dengan melibatkan masyarakat.

“Saya juga ingin mendorong agar UNDIP dapat mendirikan laboratorium studi pengemba-ngan ekonomi dan keuangan syariah,” imbuh Wapres Prof. KH. Ma’ruf Amin

Editor: Muhammad Ibrahim Hamdani

LEAVE A REPLY