Staf Khusus Wapres: “Pesantren Sebagai Lembaga Dakwah Yang Aktif Memberdayakan EKonomi Masyarakat”

0
78
Sumber: Muhammad Ibrahim Hamdani

NEWSCOM.ID, JAKARTA – Peringatan Hari Santri Nasional 2020 ini menjadi momentum penting untuk memperkuat pondok pesantren sebagai lembaga dakwah sekaligus sebagai lembaga pendidikan yang turut aktif memberdayakan ekonomi masyarakat.

Seperti dikutip dari laman http://www.wapresri.go.id/, Staf Khusus Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI) Bidang Ekonomi dan Keuangan, Dr. Ir. H. Lukmanul Hakim, M.Si., menyatakan hal itu pada Kamis (22/10) secara virtual, saat menjadi Ketua Panitia Pelaksana dalam acara Memperingati Hari Santri Nasional 2020.

Kegiatan ini mengangkat tema Akselerasi Ekonomi Kerakyatan Berbasis Pesantren dan Komunitas dan menghadirkan sejumlah narasumber penting di bidang ekonomi.

“Pesantren dapat berpartisipasi melakukan pengembangan ekonomi pesantren melalui penguatan kewirausahaan, lembaga keuangan mikro syariah, sektor riil dan upaya ketahanan pangan yang muaranya adalah kesejahteraan masyarakat pesantren,” tutur Dr. Ir. Lukmanul Hakim, M.Si., pada Kamis (22/10).

Pernyataan senada diungkapkan oleh Menteri Keuangan (Menkeu) RI, Sri Mulyani Indrawati, S.E., M.Sc., Ph.D., yang juga menjadi narasumber dalam acara ini.

“Saya berharap agar santri dan pesantren di seluruh Indonesia mampu menjalankan peranan penting sebagai sentra atau hub bagi kegiatan ekonomi kerakyatan, sekaligus menjadi motor penggerak ekonomi masyarakat di sekitarnya,” paparnya.

Sekretaris Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) itu pun berharap agar santri dan pondok pesantren dapat terus menjadi sumber inspirasi terhadap daya tahan ekonomi umat. “Hendaknya santri dan pesntren dapat terus berkreasi,” imbuh Sri Mulyani.

Dalam acara ini, turut hadir dan memberikan kata sambutan Wakil Presiden (Wapres) RI, Prof. Dr. (H.C.) Drs. KH. Ma’ruf Amin, selaku narasumber utama (keynote speaker). Hadir pula Menteri Agama (Menag) RI, Jenderal Tentara Nasional Indonesia (TNI) Fachrul Razi, S.I.P., S.H., M.H. Ia juga memberikan kata sambutan dalam acara ini.

Narasumber lainnya dalam kegiatan ini ialah Gubernur Bank Indonesia (BI), H. Perry Warjiyo, S.E., M.Sc., Ph.D., Direktur Eksekutif KNEKS, Ventje Rahardjo Soedigno S.E., M.Ec., dan Pengasuh Pondok Pesantren Cendekia Amanah, Depok, KH. Muhammad Cholil Nafis, Lc., M.A., Ph.D.

Editor: Muhammad Ibrahim Hamdani

LEAVE A REPLY